Mau Tes Massal, Pemkab Kesulitan Telusuri Penonton Rhoma Irama di Pamijahan

by -

METROPOLITAN.id – Usai melakukan pemanggilan terhadap penyelenggara khitanan di Pamijahan yang mengundang raja dangdut Rhoma Irama dan artis lainnya sehingga mengundang kerumunan, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor berencana melakukan tes massal corona bagi warga Pamijahan dan sekitarnya.

Sayangnya, Gugus Tugas kesulitan melakukan penelusuran penonton yang turut berjubel menyaksikan penampilan raja dangdut dan artis lainnya saat acara yang digelar pada 28 Juni lalu.

“Kami sedang tracing (telusuri), termasuk nama-namanya. Kan banyak sekali ya kalau melihat kerumunan itu. Kita deteksi untuk mereka yang hadir di situ. Kendala ya paling tracing-nya, karena harus by name, tapi kita usaha lah,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Mike Kaltarina, Kamis (2/7).

Sehingga,yang terdekat melakukan tracinng dengan warga yang kontak erat terlebih dahulu, seperti keluarga penyelenggara hingga para undangan yang hadir. Pihaknya juga mengaku bakal menyiapkan alat rapid tes sebanyak-banyaknya. Kendala tersebut, kata Mike, membuat pihaknya belum bisa memastikan jadwal tes massal di Pamijahan tersebut.

“Mudah-mudahan antusias warganya. Kalau kita targetkan, tapi warga nggak antusias, ya gimana juga. Karena yang hadir banyak, yang penting yang kontak erat dulu, keluarga. Pelaksanaannya ya tergantung kapan dan hasil tracingnya seperti apa,” ujarnya.

Rencana rapid tes ini kemungkinan besar akan dilakukan terhadap warga sekitar lokasi acara atau warga Bogor saja. Sebab, untuk mereka yang hadir pada acara tersebut namun berdomisili di luar Kabupaten Bogor, pihaknya mengaku berkoordinasi dengan Dinkes dimana tempat orang tersebut tinggal atau berdomisili.

“Kalau mereka yang diluar Bogor, kita koordinasi dengan Dinkes dimana orang tersebut tinggal atau berdomisili. Jadi pelaksanan tergantung hasil tracingnya seperti apa,” ungkapnya.

Pemilik hajatan Surya Atmaja pun mendatangi Pendopo Bupati Bogor, Cibinong, Selasa (30/6). Tak cuma datang ke pendopo untuk bertemu Bupati Bogor, ia juga diperiksa Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor melalui penyidik Polres Bogor dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Bogor. (ryn/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *