Mudik Lebaran Diizinkan, KAI Tambah Perjalanan Kereta

by -

METROPOLITAN – Diizinkannya mudik Idul Adha 1441 H mem­buat PT Kereta Api (Persero) atau KAI bersiaga dengan menambah empat perjalanan kereta jarak jauh. Hal itu dilakukan untuk menganti­sipasi lonjakan penumpang yang terjadi saat libur Lebaran tersebut.

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, penambahan empat kereta api ini sekaligus menjadikan total sebelas KA yang beroperasi di wilayah Daop 1 Ja­karta pada Kamis (30/7). ”Di mana tujuh KA di antaranya keberangkatan dari Stasiun Gambir dan empat KA lainnya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen,” kata Eva mela­lui keterangan rilisnya, kema­rin.­

Penambahan perjalanan KA ini, lanjutnya, juga berimbas pada peningkatan jumlah penumpang sekitar 20 persen pada akhir pekan ini jika di­bandingkan dengan akhir pekan minggu lalu. Menurut Eva, jumlah tersebut dipre­diksi akan terus bertambah, mengingat proses reservasi tiket masih terus berlangsung.

Keempat kereta yang ditam­bah tersebut berangkat dari Stasiun Gambir menuju Solo, Yogyakarta dan Surabaya. Dengan rincian KA enam Argo Bromo Anggrek (relasi Stasiun Gambir-Surabaya Pasar Turi), keberangkatan pukul 20:30 WIB dari Stasiun Gambir dan pukul 21:02 WIB dari Stasiun Bekasi. Selain 30 Juli 2020, KA Argo Bromo Ang­grek juga beroperasi pada 2, 7, 8, 9, 14, 15, 16, 17, 19, 20, 21, 22, 23, 28, 29 dan 30 Agus­tus 2020.

Selanjutnya ada KA Argo Lawu (relasi Stasiun Gambir-Solo), Keberangkatan pukul 21:00 WIB. KA Taksaka (re­lasi Stasiun Gambir-Yogya­karta), keberangkatan pukul 21:30 WIB. Dan KA Mutiara Selatan (relasi Stasiun Gam­bir-Surabaya Gubeng), kebe­rangkatan pukul 17:10 WIB.

Dengan ditambahnya empat perjalanan KA tersebut, ma­ka total terdapat sebelas KA yang beroperasi di wilayah Daop 1 Jakarta pada 30 Juli 2020. Di mana tujuh KA di antaranya keberangkatan dari Stasiun Gambir. Sedang­kan empat KA lainnya berang­kat dari Stasiun Pasar Senen. (kom/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *