Pasar Cisarua dan Ciawi Jadi Target Swab Test

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor melakukan tes masif terhadap pedagang Pasar Ci­sarua. Swab test atau Polyme­rase Chain Reaction (PCR) itu dilakukan sebagai upaya pen­cegahan penyebaran virus corona.

Informasi dari Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabu­paten Bogor, Mike Kaltarina, swab test bakal dilakukan di Pasar Cisarua, Jalan Raya Pun­cak, sejak pagi tadi, Kamis (2/7). Mayoritas yang mengik­uti tes corona adalah pedagang pasar. Tim medis berpakaian lengkap ini langsung mela­kukan pemeriksaan. Pedagang pun antre dengan teratur se­suai protokol Covid-19 saat menunggu giliran tes.

”Mereka semua akan dila­kukan swab test tanpa rapid test. Ini permintaan dari Jawa Barat. Itu (swab test, red) ha­silnya lebih baik,” ujarnya kepada wartawan. Mike me­nambahkan, para pedagang sangat antusias mengikuti swab test. Pemkab pun tinggal menunggu hasilnya. ”Sasaran kita mudah-mudahan terca­pai. Ada sekitar 500 orang (yang di-swab test, red),” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Ope­rasional PD Pasar Tohaga, Doni Djarnika, menuturkan, swab test langsung dilakukan karena hasilnya lebih akurat ketimbang rapid test. Selain pedagang, warga atau peng­unjung pasar pun ada yang mengikuti swab test ini. ”Sam­pai sekarang belum, di Pasar Cisarua belum ada yang ter­papar (Covid-19). Mudah-mudahan hari ini sehat semua, Pasar Cisarua aman,” ujarnya.

Doni melanjutkan, ada se­kitar 530 pedagang di Pasar Cisarua. Pasar Cisarua adalah lokasi ke-6 dilakukannya tes masif. ”Nah, di kita sudah dilakukan rapid test. Yang pertama di (Pasar, red) Ci­leungsi, Cibinong, Parung, Cikereteg, kemarin di Parung­panjang. Hari ini di Pasar Cisarua, lusa mungkin di Pa­sar Ciawi (dilakukan tes masif), gitu,” pungkasnya.(de/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *