Pasien Corona Indonesia Pecah Rekor

by -

METROPOLITAN – Indonesia mencatatkan rekor baru jumlah penambahan pasien baru positif corona. Tercatat ada penambahan 1.853 kasus baru per ke­marin. Pengumuman itu disampaikan langsung Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

Tambahan ini menjadi paling tinggi sejak pasien pertama Covid-19 di Indonesia diumumkan per­dana pada Kamis (2/7). Di mana kasus positif harian corona mencapai 1.624 kasus.

Dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, dengan tambahan kasus tersebut, total positif corona di Indo­nesia mencapai 68.079 orang. ”Sehingga total (kasus positif, red) 68.079 (orang, red),” kata Yurianto.

Menurut pria yang juga Dir­jen P2P Kementerian Keseha­tan tersebut, dari 1.853 kasus hari ini (kemarin, red), terba­nyak didapatkan dari Pro­vinsi Jawa Timur yakni dengan tambahan 366 kasus baru. Di tempat selanjutnya adalah DKI Jakarta 357 kasus baru, Jawa Tengah 205 kasus baru, Su­lawesi Selatan 166 kasus baru, Sumatera Utara 156 kasus baru dan dari provinsi-provinsi lain­nya. ”Gambaran ini membe­rikan tanda bahwa sebagian masyarakat belum disiplin mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Yurianto menjelaskan, me­ski ada penambahan 1.853 kasus, tidak serta-merta me­ningkatkan pasien yang dira­wat di rumah sakit. Sebab, sebagian besar kasus yang ditemukan adalah orang dengan gejala minimal dan tidak memerlukan isolasi di rumah sakit.

”Namun mereka diminta isolasi mandiri dengan pro­tokol kesehatan agar tidak menjadi sumber penularan baru,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, dari ku­mulatif kasus positif 68.079 kasus per Rabu (8/7), seba­nyak 31.585 orang dinyatakan sembuh dan 3.359 orang lain­nya meninggal dunia. Pemerin­tah hari ini berhasil meme­riksa sebanyak 22.183 spesi­men. Dengan demikian, total kumulatif yang telah diperik­sa mencapai 968.237 spesimen. (cnn/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *