Pemdes Cisalada Genjot Pembangunan RTLH

by -

METROPOLITAN – Mening­katkan kesejahteraan kelu­arga miskin dan pengentasan kemiskinan di bidang peru­mahan, khususnya Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), terus digenjot Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Salah satunya dilakukan Pe­merintah Desa (Pemdes) Cisalada, Kecamatan Cigom­bong.

Kepala Desa (Kades) Cisa­lada, M Datu Kahfi, menga­takan, tahun ini ada tujuh rumah warga yang mendapat program RTLH dari Pemkab Bogor. “Ya, tahun ini kami dapat program RTLH untuk tujuh rumah. Anggaran ke­giatannya berasal dari APBD Kabupaten Bogor dengan nilai bantuan masing-masing Rp15 juta,” katanya.

Dari tujuh rumah itu, sam­bung M Datu, saat ini baru dua rumah yang hampir se­lesai dikerjakan. Meski be­gitu, pihaknya bakal mela­kukan upaya percepatan pembangunannya di rumah lainnya agar warga penerima RTLH bisa hidup nyaman.

”Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa semuanya selesai. Soal pelaksanaan kegiatannya dikoordinir Lem­baga Pemberdayaan Desa (LPM),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPM Desa Cisalada, Ruhdian, me­nyatakan, ketujuh KK yang menerima program RTLH tahun ini ditetapkan sesuai surat usulan dari kepala desa yang sebelumnya telah diverifikasi dengan kelengka­pan administrasi.

”Sebelumnya kita verifi­kasi dulu secara adminis­trasi, mulai dari KTP-el, ke­pemilikan lahan/tanah, KK, keterangan penghasilan dan lainnya yang menyangkut persyaratan untuk menerima bantuan RTLH,” imbuhnya.

Ruhdian berharap mereka yang rumahnya telah dire­novasi ada peningkatan da­lam menjalani kehidupannya, termasuk bisa menikmati hidup yang lebih sehat.

Terpisah, seorang penerima bantuan RTLH, Siti Halimah, di Kampung Babakan, RT 03/03, mengaku senang dengan program bantuan tersebut. Mengingat dengan bantuan ini rumahnya bisa diperbaiki.

”Kami sekeluarga mengu­capkan terima kasih kepada pihak Desa Cisalada yang telah membantu memperbaiki ru­mah kami. Rumah kami pun sekarang jadi bagus dan tidak bocor lagi. Alhamdulillah, kami sangat bersyukur,” ung­kapnya. (nto/c/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *