Pemdes Watesjaya Bangun BUMDes Pariwisata

by -

METROPOLITAN – De­sa Watesjaya memiliki potensi wisata yang stra­tegis. Salah satunya hutan pinus, area kemping, air terjun dan sungai yang bisa dimanfaatkan untuk wisata warga.

Bahkan, di wilayah ini terdapat pengolahan kopi asli pegunungan yang di­produksi dan diolah sen­diri oleh warga setempat. Tak heran bila Pemerintah Desa (Pemdes) berupaya mendukungnya dengan mendirikan BUMDes Pa­riwisata di Kampung Len­gkong.

Kades Watesjaya, Rudi Irawan, mengatakan, BUM­Des Pariwisata ini bakal dikelola warga setempat. Sementara pihak desa ha­nya mendukung semua kebutuhan yang diajukan warga.

”BUMDes ini kita aloka­sikan dari Anggaran Dana Desa (ADD) atau Dana Desa (DD). Kita siapkan mekanisme pengelolaan­nya. Sebab, objek wisata yang berkembang dimi­liki dan dikelola masyara­kat. Jadi, kita akan bantu mereka sampai BUMDes ini berkembang secara mandiri,” tuturnya.

Dengan adanya BUMDes, ia berharap kesejahteraan dan perekonomian warga bisa meningkat. “Semoga BUMDes yang dibentuk bisa memajukan Desa Wa­tesjaya. Saya berharap masyarakat bisa meman­faatkannya demi kema­juan dan peningkatan ekonomi warga serta men­gurangi pengangguran bagi anak muda di desa ini,” paparnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *