Pemprov Jabar Gelar Bulan Diskon sampai Agustus

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat ( Jabar) memulai upaya untuk memulihkan wisata sebagai sektor yang paling terdampak Covid-19. Salah satu upaya menggelar Bulan Diskon dengan tajuk Smiling West Java Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Great Sale 2020 mulai Rabu (1/7) hingga Senin (31/8). Program ini dilakukan sebagian kabupaten atau kota di Jabar. Targetnya adalah wisatawan domestik atau in­dividu dari Provinsi Jabar.

Meski demikian, beberapa wilayah, yakni Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kota Cirebon, Indramayu, Kota Depok, Subang, Kota Suka­bumi, Kota Bekasi dan Su­medang tidak ikut serta.

Beberapa wilayah tersebut tidak ikut karena memper­timbangkan risiko dan keren­tanan penyebaran Covid-19. Tumbuhkan okupansi wisata 10 persen tujuan program Bu­lan Diskon sendiri adalah meningkatkan pertumbuhan okupansi amenitas pariwi­sata sebesar 10 persen dan agar makro ekonomi pariwisata bergerak di atas dua persen.

Menurut Kepala Dinas Pari­wisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik, program itu mer­upakan salah satu cara mengembalikan kepercayaan dan persepsi pasar pariwisata di Jabar yang sempat terhenti. Pihaknya turut bekerja sama dengan sejumlah asosiasi dan pelaku usaha di berbagai sek­tor, seperti Perhimpunan Ho­tel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wi­sata Indonesia (ASITA). Selain itu, ada pula Asosiasi Peng­elola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia, dan Indone­sian Hotel Manager Association (IHGMA).

Nantinya, akan ada 480 hotel, 360 restoran, 74 mall, 40 grup usaha destinasi wisata, dan sekitar 59 usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar. “Satu hal yang pasti, para pe­serta harus tetap mengede­pankan protokol kesehatan secara ketat,” kata Dedi dalam keterangan tertulis, Kamis (2/7). Semua informasi mengenai program Bulan Diskon bisa diakses melalui situs web resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan online travel agencies. (kps/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *