PKB Sukabumi Sebut Nama-nama Calon Duet Adjo

by -

METROPOLITAN- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cak Imin dan Ketum Demokrat AHY sepakat untuk bekerjasama di 30 daerah yang menggelar pilkada serentak tahun 2020. Apakah salah satunya Kabupaten Sukabumi?

Dikutip dari cnnindonesia, pertemuan pucuk pimpinan dua partai ini berlangsung di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu kemarin tanggal 8 Juli 2020. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Partai Demokrat di sekitar 30 daerah dalam Pilkada Serentak 2020.

Muhaimin tak merinci daerah yang jadi tempat koalisi PKB dan Demokrat. Namun ia memastikan koalisi itu telah disepakati dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)  dalam pertemuan tersebut.

“Kita bersepakat kerja sama lebih dalam lagi di bidang kepala daerah, pilkada,” ujar Muhaimin dalam jumpa pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (8/7). “Tadi dihitung sudah tiga puluhan dengan Demokrat,” lanjut dia.

Merespons hal tersebut, AHY menyambut positif. Dia membuka peluang koalisi PKB dan Demokrat di lebih banyak daerah. “Insyaallah ke depan semakin dekat, sesuai yang disampaikan Ketua Umum PKB bahwa Demokrat dan PKB banyak kesamaan, keselarasan dalan melihat Indonesia secara utuh,” ujar AHY.

Saat itu, keduanya pun mengenang pemerintahan era Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Cak Imin menyebut PKB dan Demokrat telah menjalin kerja sama yang lama, dimulai saat berkoalisi mendukung pemerintahan SBY.

“Partai Demokrat dan PKB adalah dua partai yang sudah sangat lama bekerja sama, sepuluh tahun di zaman Presiden SBY dan di parlemen,” kata Muhaimin dalam jumpa pers usai pertemuan.

Bagaimana dengan Pilkada Kabupaten Sukabumi?  Dihubungi terpisah via pesan singkat, Ketua DPC PKB Kabupaten Sukabumi Asep Supriatna menyambut baik pertemuan dua pemimpin PKB dan Demokrat. “Kami di daerah siap dengan rekomendasi DPP. Pertemuan tersebut merupakan angina segar bagi daerah,” tegasnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (9/7/2020).

Asep menyebut belum ada intruksi atau komunikasi dari DPP pasca pertemuan Cak Imin dan AHY. Untuk Kabupaten Sukabumi DPP PKB tegas Asep sudah mengetahui adanya rekomendasi atau surat tugas yang diberikan kepada Adjo Sardjono (Wakil Bupati Sukabumi saat ini) untuk menjadi pasangan koalisi di Pilkada 2020.

“Kita tetap komit dengan rekomendasi surat tugas yang diberikan oleh DPP melaui pengurus wilayah Jawa Barat untuk Adjo Sardjono. Artinya pertemuan dengan Demokrat oleh DPP PKB bisa jadi membicarakan dukungan kepada Adjo atau mencarikan figur yang tepat untuk mendampingi Adjo Sarjono di Pilkada Kabupaten Sukabumi,” sambung Asep.

Ia sendiri tidak membantah bahwa saat ini setidaknya ada sejumlah nama yang disebut-sebut berpeluang mendampingi Adjo Sardjono. Ada Iman Adinugraha kader PAN, Agus Mulyadi (kader Partai Golkar), Yudha Sukmagara dan Toni Mustahsani Aprami (keduanya kader Partai Gerindra).

“Masih berproses kita komunitas intens dengan partai-partai tersebut,” pungkas Asep

Sayang hingga berita ini diturunkan, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi Hendar Darsono belum memberikan tanggapan atas pertemuan Ketum PKB dan Demokrat di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *