PNS Bogor Sudah Boleh Lakukan Perjalan Dinas di Masa Pandemi

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) akhirnya membolehkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) melakukan perjalanan dinas.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) MenpanRB Nomor 64/2020 tentang Kegiatan Perjalanan Dinas Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Tatanan Normal Baru.

Dalam edaran tersebut, diatur beberapa syarat bagi PNS yang akan melakukan tugas perjalanan dinas, di antaranya memperhatikan status penyebaran Covid-19 di daerah tujuan perjalanan dinas dan engacu peta zonasi risiko pandemi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Selain itu, PNS juga diharuskan memiliki surat tugas yang ditandatangani pejabat setingkat eselon II atau kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Menanggapi kebijakan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, sejak pandemi covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mesti menggeser anggaran demi penanganan pandemi. Pos anggaran perjalanan dinas termasuk yang terdampak dan dialihkan.

Namun saat ini, beberapa perjalanan dinas lokal sudah mulai berjalan kembali, namun tidak untuk perjalanan dinas luar kota.

Untuk kegiatan yang sedianya dilakukan ke luar kota, lebih banyak secara online lewat Zoom Meeting (ZM).

“Perjalanan lokal sudah berjalan. Kalau untuk (perjalanan dinas) luar kota, itu situasional. Lebih banyak rapat-rapat melalui ZM,” kata Burham, Selasa (14/7).

Ia juga tidak menutup kemungkinan pos anggaran perjalanan dinas pada berbagai SKPD yang digeser demi anggaran penanganan covid-19, akan dikembalikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020. Namun menyesuaikan pada kebutuhan kerja masing-masing SKPD.

“Yang pasti disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa saja,” imbuh Burhan. (ryn/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *