Resmi, PT KAI Batasi Penumpang Lansia

by -

METROPOLITAN – PT Kereta Commuter Indo­nesia (KCI) secara resmi mengeluarkan kebijakan khusus bagi pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) di tengah pandemi Covid-19. Penumpang berusia di atas 60 tahun hanya diperbolehkan naik kereta selama empat jam.

Kepastian itu dibagikan PT KCI melalui akun Twitter resminya. ”#RekanCommuters Mulai 8 Juni 2020 anak-anak di bawah lima tahun (balita) untuk semen­tara dilarang naik KRL, dan untuk meminimalisir risiko bagi kelompok yang rentan terhadap Covid-19, yaitu lanjut usia (60+) hanya diizinkan untuk naik KRL pada pukul 10:00 hingga 14:00 WIB,” cuit akun Twitter @Commu­terLine, kemarin.­

Menanggapi hal itu, Vice Pre­sident Corporate Communi­cation PT KCI Anne Purba menjelaskan sejatinya kebi­jakan tersebut sudah diber­lakukan sejak masa Pemba­tasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lalu. Namun kebijakan tersebut kembali digaungkan, sebagai bentuk pengingat kepada calon penumpang yang hendak menggunakan transportasi berbasis rel ter­sebut.

”Ini sebenarnya kebijakan sudah kita lakukan sejak PSBB tahap pertama dan ke­dua lalu. Tapi saat ini kami menggaungkan kembali agar ini menjadi perhatian bagi semuanya, jika kebijakan ini masih berlaku sampai saat ini,” katanya saat dikonfir­masi Metropolitan.

Anne menegaskan meski sejumlah sektor mulai di­buka dan dilonggarkan pada masa pra-Adaptasi Kebia­saan Baru (AKB) ini, kebija­kan tersebut tetap berlaku dan mesti dipatuhi semua calon pengguna commuter line. ”Kita tegaskan lagi jika kebijakan ini masih berlaku di tengah pra-AKB ini,” ucap­nya.

Kebijakan pelarangan balita menggunakan commuter line dan pemberlakuan jam khu­sus bagi lansia itu lantaran dua kategori umur tersebut amat rentan terpapar Covid-19. ”Aturan ini dibuat untuk me­minimalisasi risiko bagi kelom­pok yang sangat rentan ter­hadap Covid-19, baik balita di bawah usia lima tahun atau mereka yang telah berumur lebih dari 60 tahun,” imbuh­nya.

Meksi balita berumur di bawah usia lima tahun tidak diper­bolehkan menggunakan com­muter line, bagi lansia, PT KCI memberlakukan jam opera­sional khusus. ”Mengingat adanya potensi kepadatan pengguna KRL pada jam sibuk, maka bagi lansia hanya dii­zinkan untuk naik KRL pada pukul 10:00 hingga 14:00 WIB,” bebernya.

Ia memastikan kebijakan ter­sebut tetap berlaku hingga datang keputusan baru nan­ti. ”Kita berlakukan ini sampai ada aturan dan regulasi baru. Yang jelas meski pra-AKB su­dah diterapkan sejumlah daerah, kebijakan ini masih tetap berlaku selama pan­demi Covid-19 masih ada. Karena ini semua demi ke­baikan banyak orang,” tegas­nya.

Meski demikian, bila ada ke­pentingan yang sangat men­desak bagi balita maupun lansia untuk naik KRL, an­tara lain untuk mendapat perawatan medis rutin ke rumah sakit, maka dapat ber­komunikasi dan menjelaskan keperluan tersebut kepada petugas di stasiun. ”Mohon informasi ini dapat disampai­kan juga kepada anak-anak, adik-adik dan para orang tua kita, hingga rekan kita,” pin­tanya. (ogi/c/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *