Sempat Tinggi, Harga Cabe Jablay Berangsur Normal

by -

METROPOLITAN.id – Sempat melambung pada Idul Fitri lalu, harga cabe rawit merah atau cabe jablay mulai berangsur normal.

Di pasar-pasar Kota Bogor, harga cabe jablai kini dibanderol rata-rata Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per kilogram. Rupanya harga itu stabil dan awet sejak dua pekan lalu hingga saat ini.

Harga paling terjangkau terpantau di Pasar Bogor dan Pasar Sukasari. Di dua pasar tersebut, harga cabe jablay dibanderol Rp20.000 per kilogram.

Kasubag Humas Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPPJ) Riadul Muslim mengatakan, meskipun harga di dua pasar tersebut sama, harga cabe jablay di Pasar Sukasari baru turun dua pekan lalu.

“Sebelumnya itu kena Rp25.000 per kilogram, baru pada akhir bulan lalu turun Rp5.000 jadi Rp20 ribu per kilogram. Kalau di Pasar Bogor mah sudah lebih dari dua pekan lalu, harga cabe jablay dibanderol Rp20 ribu per kilogram,” kata lelaki yang karib disapa Oi, Senin (6/7).

Sementara di Pasar Jambu Dua, harga cabe jablay berselisih Rp4.000 alias dibanderol Rp24.000 per kilogram. Harga tersebut bertahan sejak dua pekan lalu hingga saat ini.

Setali tiga uang, harga cabe jablay yang awet sejak lebih dari dua pekan lalu itu juga terjadi di Pasar Gunungbatu. Bedanya, harga cabe jablay di pasar yang berada di Kecamatan Bogor Barat itu menyentuh angka Rp25 ribu per kilogram atau selisih Rp5 ribu dengan harga paling murah.

“Itu juga sudah bertahan lebih dari dua pekan. Di Pasar Jambu Dua dan Pasar Gunungbatu, terpantau Rp24.000 sampai Rp25.000. Kalau ketersediaan cenderung aman, di pasok dari beberapa tempat seperti pasar Tekhnik Umum (Tekum),” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pedagang cabe di Pasar Bogor, Ilham mengakui harga berbagai jenis cabai, termasuk cabe jablay, berangsur normal setelah sempat tinggi pada lebaran lalu.

Namun, diprediksi harga cabai akan naik pada saat menjelang Idul Adha pada akhir Juli ini.

“Sekarang masih normal. Nanti biasanya dua atau satu minggu sebelum lebaran haji (Idul Adha, red) bakal naik tuh. Kan kebutuhan orang naik, permintaan naik lah. Apalagi kalau pasokannya kurang, pasti melambung tuh harganya nanti,” pungkasnya. (ryn/a/fin)

*Harga Cabe Jablay di Kota Bogor*

– Pasar Bogor : Rp20.000/kg
– Pasar Sukasari : Rp20.000/kg
– Pasar Jambu Dua : Rp24.000/kg
– Pasar Gunungbatu : Rp25.000/kg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *