Sering Banjir, Pemdes Kalong 2 Bangun TPT

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Desa (Pemdes) Kalong 2, Kecamatan Leuwisadeng, membangun Tembok Penahan Tebing (TPT) di Kampung Kalong. Pembangunan ini dilakukan untuk mencegah banjir musiman akibat me­luapnya Kali Cipicung dan Kali Cicaung.

Pjs Kepala Desa (Kades) Kalong 2, Engkos Kosasih, mengatakan, pembangunan TPT merupakan kebutuhan mendesak. Sebab, banyak permintaan warga agar TPT dibangun untuk menghin­dari luapan Kali Cipicung dan Kali Cicaung saat hujan. ”Pembangunan TPT ini sang­at penting. Kalau hujan, sa­luran air meluap dan meng­genangi rumah warga se­tinggi lutut orang dewasa,” ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan TPT sepanjang 200 meter dan tinggi 3 meter itu bersumber dari Dana Desa (DD) tahap dua. Pembangunan TPT ini meli­batkan warga sekitar. Tujuan­nya agar mereka merasa me­miliki dan timbul rasa keber­samaan. ”Pembangunan TPT ini ditarget selama 25 hari. Mudah-mudahan ketika ram­pung dibangun, warga sekitar nggak kena banjir lagi,” kata­nya.

Sementara itu, Plt Camat Leuwisadeng, Hendarsah, mengatakan, meski jabatan pjs kades sifatnya sementara, selama menjabat tetap harus meninggalkan kesan dan pe­san yang baik di masyarakat. Ia berharap apa yang men­jadi program desa bisa berja­lan dengan baik, termasuk pembangunan TPT. ”Saya juga berpesan agar setiap pembangunan yang dikerja­kan pemdes bersama masy­arakat tetap memperhatikan kualitas bangunan,” imbaunya.

Terpisah, warga sekitar yang rumahnya tak jauh dengan bantaran kali, Emah (50), mengaku senang ketika TPT dibangun. Sebab, ketika hujan lebat turun, dirinya bersama keluarga kerap mengungsi ke tempat yang lebih aman. ”Ka­lau sudah di TPT kita aman, nggak khawatir banjir,” tukas­nya. (ads/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *