Tahun Depan, Indonesia Produksi Massal Vaksin Corona

by -

METROPOLITAN – Kabar gembira datang dari Gu­gus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indonesia. Informasinya, Indonesia akan memproduksi secara mas­sal vaksin virus Covid-19 buatan sendiri pada tahun depan. Melalui tim komunikasi, dokter Reisa Broto Asmoro menyebut vaksin untuk virus tersebut bakal tersedia massal mulai pertengahan tahun depan. ”Indonesia juga ikutan. Negara kita tengah mengembangkan pembuatan vaksin virus corona,” katanya dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Jakarta, kemarin.

Ia menyebut Ketua Konsor­sium Riset dan Inovasi Co­vid-19 Kementerian Riset dan Teknologi Profesor Ali Ghu­fron Mukti memprediksi ba­hwa vaksin virus corona lokal akan diproduksi massal dan tersedia bagi masyarakat Tanah Air pada pertengahan 2021.

Saat vaksin sudah hadir, kelompok berisiko virus co­rona yang bakal diutamakan untuk mendapatkan terlebih dahulu. ”Vaksinasi akan diu­tamakan diberikan kepada populasi berisiko, yaitu kaum lanjut usia dan mereka yang punya penyakit penyerta atau komorbid,” ucap Reisa.

Reisa menuturkan, peng­embangan ini tidak dilakukan sendiri. Perusahaan vaksin Indonesia juga ada yang mela­kukan kerja sama dengan perusahaan asal Korea Sela­tan.

”Kita patut optimis bahwa Indonesia dapat menghasilkan vaksin Covid-19 sendiri dalam waktu secepatnya,” imbuhnya seraya menuturkan, dari 15 tahapan yang harus dipenuhi, calon vaksin Covid-19 asal Indonesia telah berhasil mel­alui delapan tahapan.

Mengingat belum ditemu­kannya vaksin untuk mence­gah virus SARS-CoV-2, Reisa mengimbau masyarakat bisa mencegah penularan Covid-19 lewat berbagai upaya yang telah disosialisasikan selama ini. Seperti menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter, memakai masker dan mencuci tangan meng­gunakan sabun. (lip/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *