Tak Pakai Masker, Warga Hafalkan Pancasila

by -

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19. Salah satunya imbauan untuk selalu mengenakan masker dan rajin mencuci tangan. Hal ini pula yang dilakukan Muspika Kecamatan Cigombong bersama Koramil 2123 dan Polsek Cijeruk.

KEGIATAN diawali dengan apel gabungan Forkopimcam Kecamatan Cigombong. Lalu dilakukan operasi pe­negakan disiplin dan sosia­lisasi penindakan penggu­naan masker pengendara ataupun warga yang tidak bermasker.

Setiap warga yang melang­gar, jajaran Muspika Cigom­bong memberikan sanksi, mulai dari pengucapan Pan­casila, membaca surat Al-Fatihah dan surat-surat pen­dek Alquran.

Plt Camat Cigombong, Asep Achadiat Sudrajat, menga­takan, kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat harus terus dilakukan, sehingga men­jadi norma sosial dan norma individu baru dalam kehidu­pan sehari hari. ”Bila kebia­saan baru tidak dilakukan secara disiplin atau hanya oleh sekelompok orang, ini bisa menjadi ancaman wabah gelombang kedua,” pesannya.

Ia juga meminta kebiasaan lama, seperti bersalaman, cipika-cipiki, cium tangan, berkerumun/bergerombol, malas cuci tangan harus mulai ditinggalkan demi mencegah penularan.

”Sekarang kita dituntut mampu menyesuaikan ke­biasaan baru di mana pun kita berada, seperti di rumah, di kantor, di sekolah, di tem­pat ibadah dan di tempat umum, seperti terminal, pasar dan mal,” tuturnya.

Dengan begitu, maka akan semakin mudah dan cepat menjadi norma individu dan norma masyarakat.

”Dari sini kita bisa bekerja, belajar, beribadah dan ber­aktivitas dengan aman, sehat dan produktif,” terangnya. Adaptasi kebiasaan baru yang dimaksud adalah sering cuci tangan pakai sabun, mema­kai masker, menjaga jarak, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga serta ma­kan makanan bergizi.

Senada, Danramil 2123 Mayor Info Suparno men­gatakan, apa yang disam­paikan plt camat Cigombong merupakan kunci agar bisa kembali hidup normal.

”Aparatur pemerintah baik ASN, TNI maupun Polri ha­rus menjadi pelopor adap­tasi kebiasaan baru,” pung­kasnya.(ash/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *