Vicky Prasetyo Didakwa Pasal Berlapis

by -

METROPOLITAN – Kasus pencemaran nama baik yang dilakukan Vicky Pra­setyo pada Angel Lelga dua tahun lalu kini sudah ber­gulir di persidangan. Dalam sidang perdananya, Vicky Prasetyo didakwa pasal berlapis. Dakwaan itu di­bacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang yang dilaksanakan di Peng­adilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (22/7). Se­belum menjelaskan pasal-pasal yang menjerat Vicky Prasetyo, JPU sempat men­jabarkan kronologi kasus­nya. ”Vicky Prasetyo bin Hermanto, Senin 19 No­vember 2018 setidaknya pada November 2018 ber­tempat di rumah saksi Angel Lelga di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakar­ta Selatan. Pengadilan Ne­geri Jakarta Selatan ber­wenang memeriksa perka­ra ini,” ujar JPU dalam persidangan.

JPU menegaskan, saat itu Vicky Prasetyo secara senga­ja mengajak beberapa me­dia massa elektronik untuk meliput kejadian itu. Hal itu dianggap mempublika­sikan penghinaan dan pen­cemaran nama baik. “Ter­dakwa secara sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan atau dapat diaksesnya dokumentasi elektronik yang bermuatan penghi­naan atau pencemaran nama baik,” lanjut JPU.

Atas kejadian itu, Vicky didakwa Pasal UU ITE serta tindak pidana. Dak­waan tersebut juga ikut dibacakan dalam persi­dangan.

”Perbuatan terdakwa mer­upakan tindak pidana seba­gaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 36 juncto Pasal 27 ayat (3) UU ITE,” tutur JPU.(dtk/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *