Waduh! Sudah Disegel Beroperasi Lagi

by -

METROPOLITAN – Galian C ilegal di lahan eks Hotel Garuda, Desa Dayeh, Keca­matan Cileungsi, Kabupaten Bogor, kembali beroperasi. Pengusaha galian ilegal itu tak kapok. Padahal, belum lama ini, Kementerian Ling­kungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Penegakkan Hukum melakukan Operasi Penega­kan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Bareskrim Polri, Brimob Polda Jawa Barat (Jabar) dan Denpom III/1 Bogor sempat menutup galian ilegal terse­but.

Pantauan di lapangan, ka­wasan galian C ilegal seluas 44 hektare di Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabu­paten Bogor, itu kembali be­roperasi. Namun, saat ini galian tak berizin tersebut membuka lahannya lebih ke dalam untuk mengelabui pe­tugas. Galian ilegal itu kem­bali dibuka dengan lokasi yang tak jauh dengan lokasi yang ditutup tim gabungan bebe­rapa waktu lalu. Tepatnya di belakang SMPN Cileungsi 1, Desa Cileungsi Kidul, Keca­matan Cileungsi.

Hal itu pun membuat warga dan pengendara sepeda mo­tor gusar. Sebab, sisa tanah merah galian selalu meluber ke jalan. Juga sopir truknya kerap ugal-ugalan. “Kemarin sudah enak ditutup. Ini buka lagi. Tanahnya penuh ke jalan. Sopirnya sering ugal-ugalan. Saya sempat mau ditabrak,” keluh warga setempat, Fajri (29), kemarin.

Hal senada dikatakan pengendara lainnya, Indri (40). Ia mengaku heran dengan kembalinya galian C ilegal tersebut. “Padahal yang nutup dulu langsung dari kemente­rian. Iya kok bisa kecolongan gitu Muspika Cileungsi,” he­rannya. Sementara itu, Camat Cileungsi Zaenal Ashari belum memberi keterangan terkait hal ini. (all/rb/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *