Wakapolsek Bobar Bikin Akuaponik di Kali Cibenda

by -

METROPOLITAN – Berinovasi di bidang pertanian tidak hanya dilakukan petani. Di Kota Bogor, seorang polisi membuat gagasan atau ide inovasi pertanian dengan sistem akuaponik di lingkungannya, Kampung Babakan, RW 11, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat (Bobar).

Ia adalah Wakapolsek Bobar, AKP Wawan. Di waktu senggang setelah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai polisi, Wawan juga aktif di lingkungan warga sekitar. Pria yang juga mantan ketua RW 11 itu mengatakan, ide membuat akuaponik ini muncul saat pandemi Covid-19.

Saat itu, ia bersama ketua RT di RW 11 menggerakkan warga untuk membersihkan Kali Cibenda dengan membuat Tim Gerakan Pungut Sampah Plastik (Gepuk). Setelah aliran kali bersih, kemudian muncul ide menanam bibit ikan untuk mengedukasi warga agar tidak membuang sampah ke sungai dan selalu membersihkan sampah di sungai yang terbawa dari hulu.

”Jadi, sebenarnya kita bukan mau tanam ikan atau mau mengadakan tempat seperti ini. Ini semua berawal dari kepedulian dan kemauan masyarakat yang didorong lurah RW dan ketua RT untuk membersihkan sampah dan menjaga lingkungan,” ujarnya.

Seiring berubahnya situasi dan kondisi masyarakat saat pandemi, maka muncul ide untuk membuat akuaponik. ”Ketika kali sudah bersih, muncul wabah Covid-19, kemudian ada program dari pemerintah. Nah dari kepolisian juga ada program ketahanan pangan, yakni kampung tangguh, tangguh kesehatannya, tangguh keamanannya dan tangguh pangannya,” ujarnya. (tib/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *