Warga Purwabakti Tagih Bantuan Korban Gempa

by -

METROPOLITAN – Warga di Kampung Budaya Cisa­lada, Desa Purwabakti, Ke­camatan Pamijahan yang terkena dampak gempa bumi pada 10 Maret hingga kini belum tersentuh bantuan.

Kepala Dusun Kampung Budaya Cisalada, Aja, men­gungkapkan, sejak terjadi gempa bumi, pihaknya belum menerima bantuan apa pun dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Padahal, ada puluhan rumah yang mengalami rusak berat, mu­lai dari kategori sedang sam­pai berat.

“Warga di RW 07, 06 Kam­pung Budaya Cisalada belum punya biaya untuk memper­baiki rumahnya. Sementara bantuan rehabilitasi dari Pemkab Bogor belum ada,” ujarnya.

Aja menjelaskan, pascaru­mah warga rusak akibat gempa bumi pada Selasa (10/3) warga sempat men­gungsi ke tenda-tenda. Namun karena tidak ada kejelasan bantuan, warga terpaksa kembali ke rumahnya sen­diri yang kondisinya rusak.

“Tinggal di tenda hanya sementara, karena waktu itu kita khawatir gempa susulan. Setelah yakin tidak ada lagi gempa, warga kembali ke rumahnya walau hanya meng­gunakan satu kamar tersisa dengan kondisi dinding atau atap yang masih terbuka,” jelasnya.

Ia berharap Pemkab Bogor segera mencairkan bantuan uang rehabilitasi rumah yang rusak parah itu. “Kita harap bantuannya segera cair,” pin­tanya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yani Hassan, membe­narkan bahwa pemkab belum mencairkan uang rehabili­tasi rumah warga Pamijahan itu. “Sebab, pengajuan kita ke bupati Bogor belum dise­tujui,” tukasnya. (ads/c/feb/ py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *