Yeah… Hari Ini Taman-taman Mulai Dibuka

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dipastikan bakal kembali membuka sejumlah fasilitas publik, seperti taman dan sarana lainnya. Hal itu dilakukan pasca-diterapkannya Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Bogor mulai Jumat (3/7).

Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengatakan, meski sejumlah taman kota dan sarana publik mulai dibuka, penerapan protokol kesehatan mesti diterapkan secara ketat.

Bima juga telah menginstruksikan dinas terkait melakukan pengawasan secara ketat. “Taman kota, lapangan dan fasilitas publik sudah dibuka, tapi tetap akan kita awasi agar protokol kesehatan dijalankan di sana,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertamanan, Penerangan Jalan Umum dan Dekorasi Kota pada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Feby Dermawan, mengaku belum mendapatkan instruksi resmi dari Pemkot Bogor kaitan pembukaan taman kota.

Meski begitu, Febby mengaku sudah menyiapkan sejumlah kebijakan yang akan diterapkan pasca dibukanya taman-taman kota di Kota Bogor. Setidaknya ada 12 kebijakan yang akan diterapkan di seluruh taman kota dan fasilitas publik di bawah wewenangnya. Di antaranya seperti memberlakukan satu pintu masuk dan satu pintu peluar, pengecekan suhu tubuh hingga melarang pengunjung masuk ke taman jika tidak menggunakan masker dan tidak menaati protokol kesehatan.

Tak hanya itu, pihaknya juga membatasi jam kunjungan bagi masyarakat yang hendak beraktivitas di taman kota hingga melarang pengunjung membawa makanan dari luar. “Selain menerapkan protokol kesehatan di taman kota, kita juga menerapkan sistem kunjungan. Taman akan kita buka mulai pukul 06:00 sampai 18:00 WIB,”ujarnya.

Febby pun tidak segan membubarkan pengunjung yang berkerumun di taman kota dengan menyiagakan park ranger. Sebagai antisipasi, ia akan memasang spanduk peringatan di sejumlah titik. Bahkan, pengeras suara disiapkan untuk mengimbau pengunjung taman yang membandel. (ogi/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *