PSBB Bogor Diperpanjang Lagi

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memutuskan memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Perpanjangan ini terhitung sejak 31 Juli hingga 13 Agustus mendatang.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bogor nomor 443/342/Kpts/Per-UU/2020, yang ditandatangani Bupati Bogor Ade Yasin per Kamis (30/7) lalu.

“Perpanjangan 14 hari sejak 31 Juli hingga 13 Agustus nanti. Masyarakat yang tinggal atau aktifitas di Kabupaten Bogor wajib mematuhi ketentuan ini, dengan protokol kesehatan,” kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, Ade Yasin.

Perempuan yang juga menjabat Bupati Bogor ini mengaku aturan yang ada masih sama saat penerapan PSBB Pra AKB lalu. Misalnya, kegiatan sekolah masih jarak jauh kecuali pesantren dan perguruan tinggi, pembatasan pengunjung di mal, restoran, supermarket, hingga minimarket. Termasuk sanksi dan denda bagi pelanggar aturan PSBB Pra AKB seperti pemakaian masker saat di luar rumah.

“Pembatasan jumlah orang di stasiun dan terminal, dan yang tertuang di aturan, termasuk sanksi dan denda protokol kesehatan tetap berlaku,” terangnya.

Perpanjangan kebijakan tersebut bukan tanpa alasan. Sejak PSBB Pra AKB tahap pertama diterapkan 17 Juli hingga 30 Juli, kasus positif covid-19 di Bumi Tegar Beriman masih terus bertambah. Bahkan, tiap harinya ada saja kasus positif yang muncul sehingga lebih dari 100-an kasus baru muncul.

Jika dirunut dalam waktu 14 hari tersebut, ada 116 kasus positif baru muncul di Kabupaten Bogor. Selain itu, ada kasus positif sembuh sebanyak 62 orang dan kasus positif yang terkonfirmasi meninggal sebanyak lima orang.

“Terakhir pada 29 Juli, ada sepuluh positif baru, yaitu empat orang dari Kecamatan Cibinong, dua orang dari Bojonggede dan masing-masing satu orang dari Cileungsi, Caringin, Cigombong dan Ciampea. Untuk yang Cigombong, perempuan (77) terkonfirmasi meninggal dunia. Satu lagi (meninggal dunia) perempuan (46) dari Kemang,” pungkasnya. (ryn/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *