Ahok Belum Jamin Jakarta Bebas Banjir dan Genangan

by -

METROPOLITAN.ID  – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengakui bahwa Ibu Kota belum dapat terbebas dari ancaman banjir tahun ini. Bahkan dia mengatakan, genangan air di jalan ketika hujan masih akan terus mengancam pengendara.

 “Seperti di Jalan Gatot Subroto, kemarin kenapa tergenang? Karena pembangunan gedung yang baru ini enggak bangun water trap. Semua saliran pipa, listriknya, fiber optic-nya, dia gak bikin saluran sendiri, dia taruh di selokan,” ujar Ahok, sapaan karibnya di Balai Kota Jakarta, Senin (25/01/2016).

Sebab itu, Gubernur mengaku agak kesal dengan ulah pengembang yang tidak peduli terhadap tata letak dan dampak lingkungan akibat pembangunan.

“Kita himbau mereka, kalau gak mau kita bongkar. Ini sama kayak di daerah Kedoya, kenapa selalu tergenang? Ternyata saluran kita itu ditutup warga karena merasa itu tanahnya dia. Terus dia ganti pipa yang kecil, ya kami bongkar paksa,” ungkap Ahok.

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan kala hujan mengguyur Ibu Kota, Ahok mengaku telah memerintahkan untuk anak buahnya yang ada di Dinas Tata Air dan Bina Marga menggalakan pengerjaan galian. Sebab, bukan tidak mungkin dengan masih banyaknya genangan di Jakarta akan berimbas pada kemacetan yang luar biasa.

“Ini yang kita mau gali terus, malah banyak juga jalan yang nutupin saluran air kayak di Matraman yang macet sekarang, Cengkareng juga sama. Makanya kalau ditanya di Jakarta genangan masih ada gak? Ada, karena tempat yang rendah jadi kayak mangkok,” ungkap pria kelahiran Manggar, Belitung Timur itu.(nasional.rimanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *