Cegah Banjir, Tandon Ciater Tampung 120 Ribu Kubik Air

by -

METROPOLITAN.ID | TANGSEL – Tandon Ciater di Kelurahan Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ditarget mampu mengatasi banjir di sekitar aliran Kali Ciater. Diketahui, tandon dengan luas tujuh hektare itu sanggup menampung 120 ribu meter kubik air.
Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangsel, Retno Prawati mengatakan, luas area secara keseluruhan tandon tujuh hektare. Menurut dia, pembangunan Tandon Ciater dilakukan sejak 2014 hingga Desember 2015 lalu.
“Fungsi utama Tandon Ciater ini sebagai over flow Sungai Ciater pada saat puncak banjir. Selain itu, nantinya akan dijadikan pula destinasi (tujuan) wisata baru di Kota Tangerang Selatan,” tambah Retno.
Retno menjelaskan, Tandon Ciater ini dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, antara lain rumah blandongan, musala, rumah jaga, gajebo, toilet, area parkir, gapura dan pos jaga, kawasan perkemahan serta taman. “Nantinya Tandon Ciater ini akan dilengkapi fasilitas pendukung,” ujarnya.
Sebelumnya, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berencana bakal meres­mikan tandon tersebut pada Januari 2016 ini. Selain nantinya akan dijadikan wilayah penghijauan, menurut Airin, Tandon Ciater juga berfungsi untuk mengurangi debit air yang masuk ke Kali Angke. Aliran air bahkan sampai menuju ke daerah Cengkareng, Jakarta Barat.
Cengkareng sering terjadi banjir saat musim curah hujan terus meningkat. Makanya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengucurkan dana segar sebanyak Rp10 miliar ke Pemerintah Kota Tangsel untuk membantu mengatasi masalah banjir. (ded/sal/wan)

Baca Juga  Sehari Tiga Penjahat Diamuk Massa di Tangerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *