Destinasi Wisata Alternatif di Kanal Banjir Timur

by -

METROPOLITAN.ID | JAKARTA – Fungsi pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT) pada awalnya adalah untuk pencegahan banjir yang seringkali melanda Ibukota Jakarta, Namun siapa sangka lokasi ini ternyata menjadi salah satu tempat destinasi wisata alternatif bagi warga sekitar.

Pemandangan danau serta banyaknya jajanan menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke tempat tersebut. Selain itu KBT sering dijadikan lokasi lari pagi maupun sore hari bagi warga sekitar. Trek yang cukup panjang dan lebar menjadi alasan warga untuk joging pada jalan KBT.

Menjalang malam, KBT berubah menjadi layaknya pasar malam. Puluhan lapak pedagang memenuhi badan jalan hingga menyisakan satu lajur saja. Pasar dadakan tersebut mulai ramai menjelang malam hari. Sebut saja seperti pedagang makanan, baju, jam tangan dan masih banyak lagi.

Seorang pedagang mainan anak, Dedi (34) mengaku menjual mainan mulai dari harga Rp 5.000 hingga Rp 35.000, tergantung jenis dan ukuran. Menurutnya jika malam minggu ia mampu meraup untung hingga Rp 200 ribu. Ia mulai menggelar lapak selepas sore hari hingga pukul 23.00.

Ia berpendapat jika lokasi KBT cukup strategis, karena memang lokasi yang murah dan tempat yang memadai menjadikan tempat ini ramai didatangi. “Lokasinya kan emang ramai, jadi banyak pedagang yang manfaatin buat jualan,” tuturnya belum lama ini.

Salah seorang pengunjung yang merupakan warga Jatinegara, Fajar (29) mengaku, sering kali menjadikan KBT sebagai tempat wisata bersama teman-temannya. Lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggal dan bisa dibilang murah, menjadikan KBT tempat berkumpul sekaligus bermain.

Banyaknya pedagang di pasar malam pun diakuinya menjadi salah satu alasan kenapa ia lebih memilih menghabiskan waktu disana. Ia pun berharap agar fasilitas bermain bagi anak pada lokasi KBT ditambah, karena baginya selain anak muda, tidak sedikit keluarga yang menghabiskan waktu dilokasi tersebut.

“Kalau bisa si fasilitas bermain anak yang ditambah, karena kan gak cuma anak muda aja yang main kesini, ada juga keluarga yang ngajak anak main ke KBT ini,” Ucapnya.

Bagaimana, Anda tertarik untuk berwisata dengan murah meriah? Berkunjunglah ke KBT dan nikmati pemandangan kanal yang tersusun rapi dengan taman indah yang berada di tepiannya. Dengan gemerlapnya cahaya lampu, membuat lokasi ini menarik untuk dikunjungi.(www.infonitas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *