Polisi Tunda Aturan Baru soal SIM C

by -

METROPOLITAN.ID – Pemberlakuan aturan baru soal SIM C nampaknya belum bisa direalisasikan. Kepala Korp Lalu Lintas Polri Irjen (Pol) Condro Kirono memastikan pengelompokan SIM C tak bisa dilakukan dalam waktu singkat.
”Ini (pengelompokan SIM C) paling cepat diterapkan tahun 2017. Paling cepat bukan berarti pasti terjadi ya. Karena banyak pertimbangan juga,” kata Condro di Gedung Korlantas Polri, kemarin.
Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, lanjut Condro, antara lain Peraturan Kapolri yang perlu adanya revisi, perubahan sarana dan prasarana.
”Kita perlu memikirkan juga aturan yang sudah ada itu (Peraturan Kapolri). Di Perkap lama SIM C sampai  250 cc, sim c di atas 251 sampai 500 cc. SIM C juga 500 cc ke atas. Nanti itu kan akan berubah,” jelasnya.
Condro mengatakan adanya pengkategorian ini memang untuk mengikuti perkembangan teknologi otomotif, khususnya roda dua. Apalagi kapasitas mesin kendaraan roda dua mencapai 1.800 cc.
Sebelumnya diberitakan, ada aturan baru yang dikeluarkan Korlantas Polri bagi pengguna kendaraan roda dua alias motor. Mulai Mei 2016, SIM C yang Anda miliki tidak berlaku untuk semua jenis motor.
”Jadi untuk SIM C tidak bisa digunakan untuk semua motor mulai Mei 2016,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin.
Ada pun pengelompokan SIM C kini dibagi 3 golongan, yakni SIM C (polos), SIM C1 dan SIM C2. 3 Golongan SIM C itu diklasifikasikan berdasarkan kapasitas mesin motor (CC).
”Nantinya SIM C akan terdiri dari tiga jenis, yakni C, C1 dan C2. Rencana tersebut akan direalisasikan pada triwulan pertama 2016. Paling telat April 2016,” imbuhnya. (vin/de/er/wan)

Baca Juga  7 Anak Diikat, Orang Tua Ngamuk di Kantor Polisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *