Setelah Kereta Cepat, Jabar Genjot Pembangunan Pelabuhan Subang

by -

METROPOLITAN.ID | BANDUNG — Setelah menggenjot pembangunan tol, bandara, dan kereta api cepat, Pemprov Jabar ingin mempercepat pembangunan pelabuhan internasional di Subang.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Pelabuhan tersebut sebelumnya direncanakan berlokasi di Cilamaya, Karawang. Namun, disepakati batal pada awal 2015. Kini, pemerintah pusat sudah menetapkan lokasi di Kabupaten Subang, tepatnya, di Pantai Patimban, Kecamatan Pusakanagara.

Menurut Heryawan, posisi pelabuhan saat ini dalam tahap rencana kelayakan feasibility studies (FS) yang sepenuhnya dilakukan oleh Kementerian Perhubungan. Posisi Pemprov Jabar, menjadi mitra pelaksana pembangunan sebagaimana terjadi pada beberapa proyek monumental sebelumnya.

“Saya kira kami nanti akan mendukung dari sisi regulasi dan mengawal pelaksanaan. Semisal kereta cepat, izin trase dari kami, maka hal serupa bisa diterapkan pada pelabuhan internasional di Subang,” ujar Heryawan yang akrab disapa Aher kepada wartawan akhir pekan lalu.

Aher mengakui, belum memperoleh rincian detil dan biaya pembangunan dari pemerintah pusat. Namun ia berjanji proaktif ke Kementerian Perhubungan menanyakan perkembangan FS, termasuk, detilnya, untuk segera diiinformasikan ke publik. Salah satunya, melalui media massa.

Menurut Aher, yang jadi concern utama Pemprov Jabar dari pembangunan pelabuhan adalah koneksivitas pembangunan di Jabar kian kuat. Sehingga, visi menjadi provinsi termaju di Indonesia bisa terealisasi.
Di sisi lain, layanan kepada masyarakat Jabar khususnya dan Indonesia umumnya pun akan makin membaik. Hal ini karena, mobilitas barang dan orang semakin terbuka baik di moda darat, udara, dan laut.

“Yang sudah pasti, semua tak tergantung lagi ke Tanjung Priok,” katanya.(REPUBLIKA.CO.ID)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *