Wah, Polisi bakal Legalkan Balap Liar

by -

METROPOLITAN.ID – Balap liar yang kerap membuat resah bakal dilegalkan. Polisi berencana mewadahi balap liar yang nantinya para pebalap diarahkan mengikuti kegiatan balap jalanan.
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin mengatakan, cara ini diharapkan menjadi wadah para pebalap liar beraksi dan akan diajarkan cara balapan yang benar oleh para ahli. Polda Metro Jaya dan instansi terkait bahkan menggelar rapat di Gedung TMC Polda Metro Jaya, kemarin.
Dalam rapat itu, utusan dari instansi lain pun hadir seperti Kesbangpol, Dinas Olahraga dan Pemuda, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan beberapa lainnya.
Risyapudin menjelaskan, pembentukan wadah balap liar adalah untuk mengakomodir terhadap fenomena yang sering dilakukan remaja dan pemuda setiap malam minggunya yang melakukan balap di jalan dan balap liar yang tidak terakomodir.
”Kita mencoba mewadahi dengan melakukan rapat koordinasi untuk membuat suatu wadah yang nantinya akan kita berikan suatu ruang,” katanya.
Ruang yang diberikan itu menurut Risyapudin untuk meminimalisir sisi keamanan keselamatan terhadap pebalap itu sendiri maupun pengguna jalan yang lain karena sangat membahayakan dan mengkhawatirkan. ”Dengan adanya suatu wadah ini sehingga hobi mereka lebih tersalurkan,” imbuhnya.
Mengenai tempat diadakannya balap liar tersebut, pihaknya akan bersinergi dengan Pemda untuk memberi izin di ma­sing-masing kota dan akan mengupayakan car free night di lokasi tersebut. (vin/er)

Baca Juga  2023, Kota Bogor Bangun Pusat Pemerintahan Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *