Catat! Bikin KTP Anak Gratis

by -

METROPOLITAN.ID– Pemerintah segera memberlakukan KTP untuk anak. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, proses pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA) atau KTP Anak gratis alias tidak dipungut biaya.
Tjahjo pun mengingatkan setiap orang tua untuk tidak mengeluarkan sepeser pun dalam proses pembuatan KIA. ”Sebab, anggaran program KIA itu melalui APBN,” kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, kemarin.
Tjahjo mengakui, birokrasi di tingkat bawah belum sepenuhnya bersih. Ada oknum yang tak bertanggung jawab memanfaatkan pembuatan dokumen demi mendapat keuntungan.
”Kita paham, (karakter) orang-orang tidak sama, ada yang pungut biaya dan lain-lain. Tapi, harusnya masyarakat menolak. Karena ini kan gratis,” imbuhnya.
Kemendagri pun akan melakukan pengawasan ketat, mulai dari pendataan para petugas di lapangan hingga pembinaan dan pelatihan bagi para petugas di kelurahan dan kecamatan.
Tjahjo berharap peran aktif masyarakat untuk menolak dan melaporkan petugas atau siapa pun yang memungut biaya. ”Satu rupiah pun harus ditolak. Karena (KIA) ini juga anggarannya dari rakyat,” ujar Tjahjo.
Lebih lanjut Tjahjo mengatakan, pemerintah ingin memiliki data seluruh masyarakatnya, termasuk anak-anak sehingga harus mempunyai kartu identitas.
“Sehingga saat dewasa nanti anak-anak langsung punya identitas yang terdaftar agar anak-anak mandiri, mengurus sekolah sudah punya KTP anak, ini juga sama di ASEAN juga anak-anak punya KTP anak,” kata Tjahjo.
Menurut dia, warga wajib memiliki akta kelahiran, anak-anak punya KTP anak, dewasa wajib punya e-KTP. ”Mau buat SIM semua harus punya akta dan KTP. Yang penting daerah jemput bola mendatangi masyarakat di daerah untuk mendata,” imbuhnya.(viv/dtk/er)

Baca Juga  Tol Bogor-Serpong Siap Lelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *