Jadi Atlet Basket dan Pebisnis Muda

by -

METROPOLITAN.ID – Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Perumpamaan itu sepertinya masih berlaku bagi keluarga anggota DPRD Kota Bogor Eka Wardhana. Putra kedua Eka, Miqdan Syabani Wardhana (18), kini menjadi salah satu atlet basket andalan SMAN 6 Kota Bogor. Mempunyai hobi basket, ternyata bukan hobi yang tiba-tiba. Namun, hobinya ini turunan sang ayah, Eka Wardhana, yang mempunyai hobi bermain basket
sejak muda.

“Ya, mungkin memang turunan hobi main basket. Sebab, orang tua juga suka bermain basket,” ujar Miqdan kepada Metropolitan.
Karena memiliki hobi yang sama, Miqdan pun sering berbagi cerita dengan sang ayah dalam bermain basket. Sehingga ketika bermain basket, Miqdan jarang menemukan kesulitan lantaran sebelumya telah didiskusikannya. “Sering berbagi, karena kalau ada apa-apa selalu nanya kepada ayah,” terangnya.
Pria yang kini duduk di kelas 2 SMA ini, ternyata  memiliki jiwa bisnis seperti sang kaka (Dara Bilqys Wardahni) yang telah sukses terlebih dulu. Kini Miqdan menjual jersey yang sebelumnya telah disablon sendiri. “Ingin usaha kecil-kecilan, makanya suka beli kaos polos lalu disablon dan dijual lagi,” paparnya.
Sementara sang ayah, Eka Wardhana, mengaku bangga mempunyai anak yang bisa mandiri. Dengan usaha yang digelutinya, Miqdan yang masih duduk di bangku SMA telah mampu mempunyai penghasilan walaupun hanya sedikit. “Setidaknya ia ada keinginan untuk berwirausaha. Itu sudah kebanggaan besar bagi saya. Sebab, saya pun tidak pernah mengarahkan berbisnis kepada dia,” katanya.
Agar bisnisnya bisa berkembang, Eka menyarankan kepada anak-anaknya agar mempunyai teman sebanyak-banyaknya. Hal itu terbukti ketika anaknya berulang tahun, yang datang itu banyak bahkan dari luar sekolah.
“Saya selalu menanamkan kepada anak agar mempunyai teman yang banyak, karena dengan teman yang banyak maka akan gampang melakukan hal apa pun,” jelasnya. (mam/b/ram/run/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.