Jalan Alternatif Cimande-Ciawi segera Dibuka

by -

METROPOLITAN.ID | CARINGIN – Masyarakat Kecamatan Caringin sebentar lagi bisa bernapas lega untuk menghindari kemacetan di Jalur Ciawi-Caringin. Pasalnya, jalan tembusan Cimande-Ciawi akan segera direalisasikan. Saat ini proses inventarisasi hibah dari aset desa ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, tengah digarap. Jalan sepanjang tiga kilometer tersebut nantinya akan melewati beberapa desa, yakni Desa Cimande, Pancawati, Tapos, Banjarwaru dan keluar di Ciawi.Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan wilayah Ciawi Eko sulistyo mengatakan, pembukaan jalan alternatif Cimande-Ciawi memang sangat diperlukan. Mengingat saat ini, jalur tersebut sangat macet. Diharapkan dengan dibukanya jalur itu akan membantu mengurai kemacetan yang sering terjadi. ”Meskipun hanya memiliki lebar enam meter, saya yakin jalan tersebut sangat membantu mengurai kemacetan,” ungkapnya kepada Metropolitan.
Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk pembangunan ditargetkan dimulai 2018 mendatang. Bukan tanpa sebab, untuk saat ini sedang ditempuh dulu proses inventarisasi. “Karena lahan jalan tersebut milik desa, maka asetnya akan diserahkan dulu dari desa ke pemerintah daerah (pemda). Pastinya para kepala desa sangat setuju, termasuk Pemerintah Kecamatan Caringin juga menyetujui,” paparnya.
Dukungan bukan hanya datang dari para kepala desa dan pemerintah kecamatan, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Iwan setiawan juga mendukung langkah yang diambil kepala UPT Jalan dan jembatan wilayah Ciawi tersebut. Dirinya siap mendorong agar wacana pembangunan jalan itu bisa terwujud. “Langkah yang perlu diambil adalah pembenahan aset dulu, lalu kami selaku dewan akan mendorong agar rencana pembangunan jalan alternatif itu bisa dimasukkan dalam rencana anggaran,” pungkasnya. (ash/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *