Keren, Ini Dia Keunggulan TVS Apache RTR 200 4V

by -

METROPOLITAN.ID – Salah satu produsen motor terbesar asal India PT TVS Motor Company kembali meramaikan pasar sepeda motor sport dengan menghadirkan tipe terbarunya, TVS Apache RTR 200 4V. Motor ini telah resmi diluncurkan di Indonesia pada 21 Januari 2016 lalu di Sirkuit Internasional, Sentul Bogor.
Manager Dealer TVS Andre Steven mengatakan, peluncuran di Indonesia bersamaan dengan peluncuran di negara asalnya. Namun, menurut Andre ada perbedaan antara TVS Apache RTR 200 4V versi India dan Indonesia. “Untuk versi India, TVS Apache RTR 200 4V ini hadir dengan mesin teknologi lama, yakni masih menggunakan sistem karburator. Sedangkan untuk model yang dipasarkan di Indonesia sudah mengusung teknologi mesin Fuel Injection oleh bosch,” jelas Andre saat ditemui di dealer TVS, Jalan Brigjen Saptaji Nomor 168, Cilendek, Kota Bogor, kemarin.
Dari tipe sebelumnya, tipe ini mengalami banyak perbaikan dari segi desain maupun performa. “TVS Apache RTR 200 4V ini memiliki beberapa keunggulan, pertama dapat kita lihat dari body yang ‘extra ordinary’,” ujar Andre.
TVS Apache RTR 200 4V menurutnya kental aroma street fighter dengan desain fascia depan yang terlihat agresif berpadu dengan body muskular ala motor gede.
“Penampilannya lebih modis, sporty dan lebih nyaman karena memiliki balancer dan perbaikan dari tipe sebelumnya. TVS Apache 200 4V ini merupakan satu-satunya motor di kelasnya yang menggunakan ban branded, yaitu Pirelli Sport Demon Tubeless,” jelasnya.
Keunggulan kedua, lanjutnya, bila dibandingkan dengan kompetitornya sangat minim getaran, sehingga membuat pengendara merasa nyaman walaupun berkendara dengan jarak jauh dan melewati jalan aspal atau kontur bergelombang.
“Motor ini sangat minim getaran, jadi pengendara diberikan kenyamanan. Jika digunakan untuk jarak jauh, itu kan terasa sekali. Apabila getarannya besar akan banyak dampak untuk pengguna seperti pegal dan kesemutan,” lanjutnya.
Yang ketiga, lanjutnya lagi, yakni lampu utama yang diberikan menggunakan sensor otomatis sehingga penggunaan lampu di siang ataupun malam hari lebih efisien. “Sistem lampunya perpaduan LED dan halogen dengan lampu sensor. Apabila masih menangkap sinar matahari, maka penyalaan lampu utama hanya 50 persen dari normal. Jadi, dia mereduksi sinar matahari. Nah ini yang di merek lain belum ada.
Selain tiga keunggulan itu, salah satunya tampilan speedometer, odometer, tripmeter, laptime meter, perekam top speed, takometer, jam dan gear position yang bersistem digital. Pada tiap panel konsol meter TVS Apache RTR 200 4V sendiri juga diracik dengan cukup informatif, sehingga mudah dipantau oleh pengendara. Soal harga, Andre mengatakan bahwa harga yang telah dibanderol sangat sebanding dengan spesifikasi dan performa yang diberikan TVS Apache RTR 200 4V.
“Kalau untuk harganya sendiri, itu Rp23.900.000 on the road Jakarta dan Rp24.599.000 untuk on the road Bogor. Jadi jika konsumen ingin sepeda motor sport dengan kisaran harga tersebut, dia akan dihadapi dengan motor Jepang yang notabene hanya 150 cc. Sedangkan TVS Apache RTR 200 4V sudah berkapasitas mesin 200 cc,” ungkap Andre.
Motor ini hadir dengan desain bodi sporty yang dicat dengan warna doff dalam tiga pilihan warna, hitam, merah dan putih. Produksi sepeda motor ini pun dilakukan di dalam negeri, tepatnya di pabrik PT TVS Motor Company Indonesia di Karawang. Dari pabrik ini pula nantinya TVS akan membidik pasar ASEAN. (cr1/c/er/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.