Musrenbang RKPD Kabupaten Bogor Tahun 2017 di Kecamatan Ciampea Tahun Pelaksanaan 2016

by -

METROPOLITAN.ID – Pengembangan potensi wilayah melalui peningkatan pelayanan pemerintah Kabupaten Bogor dalam mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia.
Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) merupakan forum antarpelaku dalam menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.
Di Kecamatan Ciampea, musrenbang adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Ciampea.
Untuk meningkatkan program pembangunan tahun 2016 di segala bidang sesuai RKPD Kabupaten Bogor, Kecamatan Ciampea  menggelar Musrenbang  yang diikuti 13 kepala Desa se-Kecamatan Ciampea dengan perencanaan Musrenbang Tahun 2017 mengusung lima prioritas pembangunan, yaitu:
1.     Peningkatan aksesibilitas sarana dan prasarana wilayah dengan tu        juh fokus.
2.     Peningkatan daya saing perekonomian daerah dengan enam fokus.
3. Peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan pendidikan serta kes        ehatan dengan tiga fokus.
4. Peningkatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan kemasyara        katan dengan enam fokus.
5. Penguatan manajemen dan kualitas administrasi perangkat daerah
dengan enam fokus.
Musrenbang RKPD di Kecamatan Ciampea ditujukan untuk menjaring dan menghimpun seluruh usulan kegiatan dari berbagi lapisan masayrakat, para perserta musrenbang diberikan kesempatan untuk mengusulkan kegiatan -kegiatan prioritas yang benar-benar merupakan kewenangan pemerintah Kabupaten Bogor dengan tetap berpedoman pagu indikatif kecamatan yang telah dibagikan sebelum pelaksanaan musrenbang.
Dalam kesempatan musrenbang ini akan dirumuskan   prioritas usulan desa berdasarkan daftar usulan RKP Desa hasil musrenbang fesa yang telah dilaksanakan pada tahun lalu sebagaimana tertuang dalam berita acara murembang desa. Usulan tersebut  ditampung di kecamatan dan  disampaikan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk dikaji sesuai kapasitas anggaran. Hasil kesepakatan usulan yang menjadi kewenangan daerah disampaikan kepada Bappeda dan diinput sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
Adapun hasil kesepakatan usulan desa untuk kewenangan desa direkapitulasi kecamatan. Seluruh hasil musrenbang kecamatan akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rencanan kerja SKPD tahun 2017. Musrenbang RKPD di Kecamatan Ciampea pada dasarnya merupakan tahap awal penjaringan aspirasi masyarakat oleh karenanya, diharapkan mampu memilih dan memilah mana usulan yang benar -benar merupakan kebutuhan masyarakat dan  harus menjadi prioritas, diakomodir dan diusulkan pada tahapan perencanaan selanjutnya sesuai dengan pagu indikatif Kecamatan Ciampea sebesar Rp21.438.459.858.
Kegiatan musrenbang ini juga menjadi salah satu ajang yang tepat meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat yang berpedoman pada visi dan misi mewujudkan Kecamatan Ciampea termaju dalam pelayanan melalui peningkatan kinerja aparatur yang profesional.
1.     Meningkatkan nilai keimanan dan ketakwaan masyarakat
2.     Meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pemerintah kecamatan
3.     Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan
4.     Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan         potensi lokal.
5.     Meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah desa. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *