Rentenir Resahkan Warga Bantarjaya

by -

METROPOLITAN.ID | RANCABUNGUR – Keberadaan lintah darat alias rentenir di wilayah Kampung Moyan, RT 01/04, Desa Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, mulai meresahkan warga. Sebab bunga tagihan terlalu besar, membuat peminjam terlilit hutang hingga sampai depresi.
Ketua RW 04 Engkang Sukarna mengatakan, sudah banyak korban di wilayahnya yang terlilit hutang akibat ulah rentenir tersebut. Salah satunya adalah Acah (25), akibat tidak bisa membayar sejak 30 November 2015 silam dengan pinjaman awal hanya Rp285.000 per 10 Januari 2016 menjadi Rp4.285.000. “Bukan satu atau dua orang korbannya, tapi sudah banyak. Mereka (rentenir) sudah keterlaluan,” bebernya.
Sukarna, sapaannya, mengatakan bahwa hal tersebut tidak sampai di situ. Bahkan, ada pengakuan dari peminjam sebesar Rp300.000. Namun akibat tidak bisa membayar, motornya diambil. ”Bunganya terlalu besar, ini bukan lagi lintah darat tapi lebih dari itu,” ungkapnya.
Bahkan dari pengakuan salah satu korban, bebernya, rentenir itu mengancam akan meminta bantuan dari kepolisian terkait pinjaman yang tidak dibayar. ”Kalau seperti ini, sudah keterlaluan. Harus ada tindakan tegas dan jangan dibiarkan,” pintanya.
Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Rancabungur Aiptu Heri Hikayat menegaskan, pihaknya akan mengadakan penyelidikan terkait informasi tersebut. ”Kami akan selidiki data korban dan pelajari persoalan itu. Kalaupun ada anggota kesatuan yang menjadi pelindung rentenir itu, kami akan laporkan kepada kesatuan terkait,” tandasnya. (yos/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *