Wow, 13 Ribu Pekerja Terancam Di-PHK

by -

METROPOLITAN.ID – Lebih dari 12 ribu pekerja terancam terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, jumlah pekerja yang terancam kena PHK jauh lebih besar daripada dirilis Kementerian Tenaga Kerja sebanyak 1.347 orang.
“Ada 12.680 pekerja terancam PHK. Data ini diambil dari Posko PHK dan Upah yang dibuat KSPI untuk mencatat anggota yang terancam PHK dan berbeda dengan data Kementerian Tenaga Kerja,” kata Said.
Posko ini menurut Iqbal untuk memberi masukan pada pemerintah yang masih sering menutup data dan menyangkal adanya PHK. Dari data KSPI jumlahnya 10 kali lipat dari pengumuman pemerintah.
Sebelumnya, Iqbal mengatakan beberapa penyebab PHK berdasarkan Undang-Undang 13 Tahun 2013. Beberapa alasan, kata Iqbal, PHK disebabkan karena penutupan perusahaan, rasionalisasi, pengunduran diri, pemutusan pengadilan hubungan industri, pensiun dini, habis masa kontrak dan disharmonis pekerja dengan perusahaan. ”Perusahaan tidak tutup, tetapi mengurangi karyawan, itu sama saja PHK,” imbuhnya.(tem/er/wan)

Baca Juga  Cai Changpan, Sebulan Kabur lalu Gantung Diri di Pabrik Ban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *