Berhasil Jadi Pengusaha Sukses di Usia Belia

by -84 views

METROPOLITAN.IDSekarang ini usia bukanlah menjadi takaran kesuksesan. Muhammad Devoe Vierdiesyah Putra (18), anak dari salah satu pengusaha sukses di Kota Bogor ini mampu membuktikannya. Anak sulung dari dua bersaudara itu sukses membuat dan memasarkan kaos yang didesainnya sendiri. Kaosnya tak hanya beredar di Bogor, tapi juga di kota-kota besar Indonesia. Kesuksesan yang diraihnya itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Ia juga sudah mengalami banyak jatuh bangun.

Pria yang akrab disapa Devoe ini memang sudah memiliki keinginan menjadi pengusaha sejak kecil. Bermodalkan kemampuan mendesain, Devoe sering mengaplikasikan desainnya di berbagai media khususnya kaos. Dengan dukungan moril dan materil dari kedua orang tuanya, Devoe akhirnya memiliki keberanian untuk mencetak desainnya di kaos.

Rencana tidak sejalan dengan kenyataan, Devoe sempat mengubah brand-nya karena dianggap tidak menjual. Hingga akhirnya Devoe memakai merek MDVP! untuk produknya yang kini merajai pasar.

Setelah kaosnya dicetak, Devoe gencar promosi. Mulai dari mulut ke mulut, sosial media hingga memberikan berbagai potongan harga. “Waktu pertama kali cetak itu hampir setengah dari produkku habis untuk promosi, setengahnya lagi baru terjual,” kata pria bertubuh tinggi ini.

Karena sempat tinggal berpindah-pindah, Devoe dan sang bunda, Lita, mempunyai banyak teman dan jaringan. Hingga akhirnya kaos MDVP! bisa tembus ke pasar Pekanbaru, Medan, Lampung sampai Dumai. Di sana kebanyakan produknya dititipkan ke berbagai Distro yang umumnya menjual pakaian khas anak muda.

Hingga saat ini, Devoe sukses meraup omset hingga Rp15 juta per bulan. Uang hasil jerih payahnya itu ia jadikan modal untuk mengembangkan usahanya. Devoe pun berencana membuka Distro sendiri di kawasan Bogor. “Terlebih lagi di Bogor persaingannya sangat ketat. Makanya harus lebih kerja keras lagi,” lanjut Devoe.

Selain bisnis, Devoe yang kini duduk di kelas 12 SMKN 1 Bogor juga sedang sibuk mempersiapkan Ujian Nasional. Di tengah kesibukannya, Devoe mengaku menyukai musik. Ia pun bisa memainkan berbagai jenis alat musik, mulai dari keyboard, gitar hingga bass.

Ditanya soal cita-cita, Devoe ingin menjadi musisi sekaligus mempunyai pekerjaan sampingan sebagai pengusaha. “Aku ingin jadi musisi karena memang sudah passion dari kecil. Selain itu, aku juga ingin punya usaha sampingan berwirausaha. Makanya nanti ketika lulus insya Allah aku akan kuliah di jurusan bisnis manajemen,” tuturnya.

Sedangkan sang bunda, Lita, berharap putra sulungnya bisa semakin sukses dengan berbagai bisnis dan hobi yang dijalaninya. Lita juga selalu mengingatkan Devoe untuk tetap memprioritaskan pendidikan formalnya hingga selesai.

“Saya selalu mendukung dan mengarahkan Devoe dalam hal bisnis atau hobinya saat ini agar dia tidak salah langkah dan bisa merasakan kesuksesannya nanti,” ujar ibu dua anak ini. (cr1/b/ram/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *