BLH dan Polisi Ontrog PT BAI

by -

CIBINONG – Badan Lingkungan Hidup (BLH) bersama Polsek Leuwiliang mendatangi PT BAI yang berada di Kampung Kandalarang, Desa Leuwibatu, Kecamatan Rumpin. Kedatangan mereka menyusul banyaknya keluhan warga yang menyoal pembuangan limbah PT BAI hingga membuat air di Kali Cikaniki tercemar.

Perwakilan masyarakat Kampung Kandalarang Pahroruji mengaku jika air di Cikaniki yang biasa dipakai warga masih tercemar. Ia pun mendesak  BLH segera menutup pabrik tersebut. “Kalau masih dite­mukan pelanggaran pembuangan limbah, kami minta itu ditutup,” katanya.

Kuasa Hukum PT BAI Robi mengaku perusahaannya sanggup memperbaiki tempat pengolahan limbah dan tak akan membuang limbah ke Kali Cikaniki kembali, sesuai  kesepakatan yang telah dibuat Pemkab Bogor, Kamis (21/1) waktu lalu.

“Kami sudah melakukan perbaikan semaksimal mungkin terkait pengolahan limbah. Bahkan, saat ini sudah tidak membuang limbah ke kali lagi,” katanya.

Baca Juga  Hari Terakhir UN, Polisi Siagakan Intel

Kapolsek Leuwiliang Kompol I Nyoman Supartha meminta kedua belah pihak menyelesaikan permasalahan ini dengan bijak dan arif. Ia mengimbau masing-masing pihak menahan diri agar tak ada tindakan anarkis. Sebab, kepolisian tak segan melakukan tindakan tegas jika ada yang memprovokasi. “Kami siap mengawal permasalahan ini sampai selesaitanpa memihak salah satu yang bersengketa,” kata I Nyoman.

Sementara dari hasil musyawarah disepakati pengolahan limbah yang dilakukan PT BAI segera diperbaiki dan PT BAI diberikan waktu untuk memperbaiki pengolahan limbah yang belum selesai selama dua minggu.(rez/b/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *