Dunia Serba Online Harus Diantisipasi

by -

METROPOLITAN.ID – Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Bambang Heru Tjahjono mengatakan antisipasi keamanan cyberuntuk mengamankan ekonomi digital menjadi salah satu agenda utama kementeriannya. Ia mengatakan hal itu saat membuka lokakarya Cybersecurity Capacity in Indonesia di Jakarta, Senin (28/3).

“Karena perkembangan teknologi informasi tidak bisa dibendung, kita harus antisipasi. Salah satu terpenting menuju ekonomi digital ke depan adalah keamanan cyber,” katanya, Senin (28/3).

Menurut Dirjen Bambang Heru Tjahjono, menjaga keamanan baik arus informasi maupun data sangatlah penting di era mendatang. Hal ini mengingat banyak sektor akan masuk dalam era digital.

Keamanan cyber menjadi penting agar masyarakat maupun pemangku kepentingan yang terlibat juga merasa aman, sehingga ekonomi digital tidak terganggu dan berkembang lebih pesat.

Ia mencontohkan misalnya berkaitan dengan transportasi berbasisonline yang baru-baru terjadi, dan juga siap-siap menghadapi yang terkait dengan hotel, kesehatan, apotik yang berbasis online.

“Kalau itu semuanya online maka kita harus mengantisipasi yang terkait dengan keamanan data. Begitu juga meningkatnya konsumer internet ke depan” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *