GAET KARANG TARUNA BEBERSIH DESA

by -

METROPOLITAN.IDDi wilayah pe­de­saan, budaya go­tong­-royong masih sangat kental dilakukan masyarakat. Tak terkecuali warga Desa Parigimekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Pemerintah desa bekerja sama dengan Karang Taruna dan warga melakukan bebersih setiap Minggu pagi.

Kerja bakti membersihkan lingkungan menjadi rutin dilakukan lantaran adanya warga yang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini dikatakan Sekretaris Kepala Desa (Sekdes) Parigimekar, Hambali. “Karena banyak yang terkena DBD, sehingga kami diperintahkan menjaga lingkungan,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Selain itu, di berbagai kegiatan yang sifatnya membangun desa, pihaknya juga melibatkan para pemuda dan masyarakat. Keterlibatan itu bukan semata-mata agar pekerjaan cepat selesai, namun demi menjaga budaya gotong-royong serta kebersamaan antarwarga.

Menurut Hambali, sebagai warga pedesaan, nilai-nilai budaya seperti itu harus dijaga dan dilestarikan. Sehingga ke depan kebiasaan nenek moyang yang menjaga tali silaturahmi melalui gotong-royong tak akan lapuk dimakan zaman. “Apalagi sekarang ini kami bergabung dengan karang taruna, jadi kegiatan semacam itu semakin banyak yang mengikuti,” terangnya lagi.

Ia berharap ke depan Pemdes Parigimekar memiliki semakin banyak kegiatan, sehingga bisa melibatkan warga dalam pelaksanaannya. Seperti kegiatan Jumat Bersih (Jumsih), pihaknya selalu mengajak warga bergabung bersama-sama mewujudkan lingkungan yang indah. “Kami sama-sama membangun desa, baik dari pemdes maupun warga. Yang penting tujuannya sama, untuk membangun kebersamaan,” pungkasnya. (ano/b/els/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.