Hobi Baca hingga Jadi Aktivis Kampus

by -

METROPOLITAN.IDAktif dan energik. Seperti itulah sosok Permata Viyan Sukawijaya (18), putri sulung Kanit Reskrim Polsek Ciampea AKP Budi Utama. Tak hanya pandai, perempuan yang akrab disapa Biyan sejak kecil sudah dibiasakan membaca.

Kini kebiasaan itu terus mengalir dan menjadi kesukaannya. Tak heran jika di kampus mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB) itu dikenal pandai dan aktif berorganisasi.

Biyan tercatat sebagai salah seorang mahasiswi di Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB. Di tengah keseriusannya menimba ilmu di kampus, ia pun masih menyempatkan waktu berkegiatan di luar. Biyan aktif di organisasi kemahasiswaan. “Organisasi penting untuk menambah wawasan dan melihat dunia luar,” katanya.

Beruntung ia memiliki orang tua yang selalu mendukung kegiatannya. Bahkan, sang ayah yang notabene seorang polisi ini tetap memberikan kebebasan untuk ketiga anaknya bergaul. “Bukan bebas sesuka hati tapi bebas bertangung jawab. Saya berikan dia kebebasan memilih jurusan dan memilih teman tapi tetap pada batasannya,” ujar Budi.

Menurutnya, ketiga anaknya yakni Biyan, Raiqa Biyan Sukmawijaya (12) dan Muhamad Wira Utama Sukmawijaya (5) masih memerlukan bimbingannya. Untuk itulah Budi tak pernah lupa memastikan anak dan istrinya dalam keadaan aman dan sehat. “Saya selalu mencari tahu kabar mereka lewat telepon,” ucapnya.

Budi yang sudah 25 tahun mengabdi sebagai anggota kepolisian ini menginginkan anak-anaknya menjadi generasi penerus yang bisa membanggakan bangsa dan negara. “Kalau jadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara tentunya kedua orang tua pasti bangga,” pungkasnya. (ads/b/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *