Panasonic luncurkan solusi pengarsipan data berbasis blu-ray

by -

METROPOLITAN.ID – Panasonic menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan solusi pengarsipan data dengan memanfaatkan teknologi blu-ray. Metode pengarsipan data berbasiskan cakram optik (optical disc) ini diklaim memiliki daya tahan 5 sampai 10 kali lebih baik dibandingkan dengan media Hard Disk Drive (HDD) ataupun tape-backup.

Umumnya arsip sekarang ini disimpan di HDD, atau dengan menggunakan metode tape- backup. Teknologi seperti ini cenderung tidak bertahan lama, dan membutuhkan energi cukup besar, yang berujung ke dana operasional yang besar.

Seperti dikabarkan StorageCarft , media tape memiliki daya tahan sekitar 10 sampai 20 tahun, sedangkan HDD hanya 3 sampai 5 tahun saja. Blu-ray diklaim bisa bertahan hingga 50 tahun.

“Jika dibandingkan dengan solusi pengarsipan lain, Panasonic unggul dari segi keandalan, integritas data, harga, dan keramahan terhadap lingkungan,” ujar Hideo Yonenaga, General Manager Storage Business Division Panasonic System Solutions Asia Pacific.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Beritagar.id, Rabu (16/3/2016), secara global aset berupa informasi milik perusahaan dan badan pemerintahan terus meningkat setiap tahun. Para pengamat meramalkan bahwa data digital internasional akan mencapai kurang lebih 45 zettabyte (40.927.261.579,785 terabyte) dalam 4 tahun mendatang.

Oleh karena itu, dibutuhkan sistem penyimpanan lebih efisien dan terpercaya untuk mengelola data dalam jumlah besar.

Secara singkat berikut beberapa keunggulan dari penyimpanan data berteknologi blu-ray:

  • Efisiensi energi, sistem pengarsipan blu-ray tidak memerlukan banyak energi dan daya panas yang dihasilkannya rendah.
  • Biaya per bit yang rendah, penyimpanan berkapasitas tinggi yang bertahan lama menghilangkan biaya perpindahan data yang tidak sedikit.
  • Lebih dapat diandalkan, tidak ada tekanan fisik pada media penyimpanan di mana menekan tingkat kegagalan dalam menyimpan data sekaligus mempertahankan kualitas penyimpanan terbaik di kelasnya, seperti RAID 5,6 dan WORM (Write Once Read Many).
  • Daya tahan hingga lebih dari 50 tahun, mengurangi limbah elektronik yang dihasilkan akibat penggantian media penyimpanan berkali-kali.(beritagar.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published.