Ramai-ramai Bangun Jalan

by -

METROPOLITAN.IDDemi membudayakan gotong-royong, Pemerintah Desa Cimayang, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, bersama warga membangun jalan lingkungan. Tak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah, jalan juga dibangun berkat dana swadaya yang dikumpulkan masyarakat. Kepala Desa Cimayang Muslihat Dianah mengatakan, pembangunan dilakukan untuk mempermudah akses warga. Biasanya, saat musim hujan jalan tersebut becek dan licin, sehingga warga berinisiatifmelakukan pengecoran. “Ini ide warga agar saat melintas mereka merasa nyaman,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Selain dilibatkan dalam hal pembangunan jalan lingkungan, warga juga memiliki program untuk kebersihan lingkungan. Sebanyak 16 RT yang ada di Desa Cimayang semuanya menjalankan program bersih-berish, baik Jumat Bersih (Jumsih) maupun Minggu Bersih (Mingsih). Kegiatan yang dilakukan di antaranya membersihkan saluran air, membabat rumput serta membersihkan sarana ibadah. “Ya gotong -royong masih aktif, di tingkat-tingkat RT masih aktif bersihkan lingkungan sekitar,” terang Muslihat.

Khusus untuk kebersihan lingkungan kantor desa, ia menugaskan kepada para anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas). Kegiatannya dilakukan sebulan sekali dengan melakukan perawatan area kantor. “Semua sudah terkoordinir. Warga untuk lingkungannya, sedangkan Linmas untuk kantor desa,” bebernya.

Ia berharap masyarakat tetap mendukung aksi gotong-royong, meski bukan instruksi dari pemerintah desa.

Menurut Muslihat, sebagai masyarakat pedesaan, sifat tolong-menolong sangat diperlukan untuk membantu meringankan beban warga. “Gotong-royong tidak hanya soal kebersihan dan perbaikan lingkungan, tapi membantu warga lain juga termasuk dan itu harus dihidupkan kembali seperti zaman dulu,” pungkasnya. (ano/b/els/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *