Waw, Toilet tanpa Air Dibanderol Rp9,4 M

by -

METROPOLITAN.ID | Gates Foundation telah mendanai pembuatan toilet tanpa air yang disebut The Nano Membrane. Biaya pembuatan toilet tersebut yang didanai Gates Foundation sebesar USD710 ribu atau setara dengan Rp9,4 miliar. Desain toilet ini dimaksudkan untuk mengim­bangi kelangkaan air yang telah terjadi di beberapa penjuru dunia. Desain ini juga mudah digunakan dan sangat baik untuk masa depan daripada sanitasi.
Dosen di International Water and Sanitation Cranfield Water Science Institute Alison Parker mengatakan, desain baru yang dibuat tim-nya tersebut ditujukan untuk melayani masyarakat kurang mampu di perkotaan. “Toilet ini akan sulit dalam hal perawatannya jika ditempatkan di daerah terpencil. Toilet ini membutuhkan pemeliharaan minimal setiap enam bulan,” ujarnya.
Desain Nano Membrane Toilet ditunjukan untuk me­ngim­bangi kelangkaan air bersih. Sebab, alat ini dapat digunakan tanpa air, mudah digunakan dan tersedia dana tambahan untuk uji lapangan. Alat ini akan sangat berguna untuk masa depan sanitasi air bersih. ”Sebaliknya, toilet akan digunakan di daerah perkotaan padat penduduk karena beberapa faktor, menyediakan sanitasi yang baik sangat menantang,” katanya.
Toilet ini memiliki desain cukup kompleks. Menurut Parker, satu toilet dapat menampung sampai sepuluh orang dengan biaya tidak lebih dari $ 0,5 per orang. Parker menambahkan, pengujian lapangan akan dimulai akhir tahun ini. (rep/els/wan)

Baca Juga  Inilah Salam Dua Periode di Tengah Jalan Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *