Hii… Seram, Orang Ini Salatnya Diikuti Setan

by -

METROPOLITAN.ID | KHUSYUK saat melaksanakan salat bukanlah hal mudah. Ada saja tindakan atau pikiran yang pada akhirnya mengurangi kekhusyukan dalam salat. Hal itu tak terlepas dari ulah dan tipu daya setan yang senantiasa menggoda manusia agar salatnya tidak sempurna. Itulah mengapa manusia harus selalu waspada, terutama saat melaksanakan ibadah wajib ini. Berikut orang-orang yang bersama setan saat sedang salat:

1. Orang yang waswas dalam niat
Biasanya perasaan waswas ini akan berlangsung hingga salat. Hal itu membuat orang ragu terkait rukun salat yang seharusnya dijalankannya. Misalnya saja lupa jumlah rakaat dan lupa bacaan.

2. Orang yang ingat itu dan ini
Saat sedang khusyuk salat, tiba-tiba teringat ini dan itu. Ternyata setan tak akan membiarkan manusia salat dengan khusyuk. Mereka akan terus mengganggu ibadah manusia dengan menghadirkan banyak pikiran-pikiran di kepala manusia.

3. Orang yang merasa ragu buang angin
Saat selesai wudu atau tengah salat, tiba-tiba terasa seperti buang angin. Ternyata perasaan ragu buang angin atau tidak merupakan sebuah gangguan yang setan hembuskan untuk mengacaukan salat seseorang.

4. Orang yang tidak fokus pada salat
Tidak fokus saat salat juga menjadi salah satu pertanda bahwa setan sedang bersamanya. Tak fokus bisa saja disebabkan hal-hal yang dapat mencuri perhatian saat salat. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Aisyah Radhiallahu ’anha, ia berkata: “Saya bertanya kepada Rasulullah tentang hukum menengok ketika salat”. Rasulullah SAW menjawab, “Itu adalah curian setan atas salat seorang hamba”. (H.R Bukhari)

5. Orang yang salatnya tergesa-gesa
Lantaran ingin mengerjakan hal lain, biasanya seseorang salat dengan cepat dan tergesa-gesa. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati lagi terhadap hal ini. Karena sebenarnya, ini pertanda bahwa Anda sedang bersama setan. Rasulullah SAW melarang umatnya melakukan hal itu. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda: “Sejahat-jahat pencuri adalah yang mencuri dari salatnya”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dari salat?”. Rasulullah berkata, “Dia tidak sempurnakan ruku dan sujudnya” (H.R Ahmad)

6. Wanita yang salat ke masjid menggunakan wangi-wangian
Wanita yang ke masjid dengan wewangian juga didekati setan. Dengan aroma-aroma itu, setan justru lebih mudah membuat salat orang yang ada di sekitar wanita yang memakai wewangian agar tidak khusyuk. Rasulullah bersabda, yang artinya: “Jika salah satu dari kalian (para wanita) hendak ke masjid, maka janganlah sekali-kali menyentuh wewangian.”(H.R Muslim).(dre/er/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *