Juara Taekwondo, Hida Jadi Polisi

by -

METROPOLITAN.IDBerpakaian seragam cokelat dengan pangkat Komisaris Polisi (Kompol), kini Hida Tjahyono dipercaya menjadi Kapolsek Cibinong. Meski awalnya tidak terpikirkan menjadi anggota Polri, namun tak ada yang bisa mengelak dari takdir Tuhan. Nasib baik dan mujur membawa lelaki yang pernah menjuarai taekwondo ini menduduki jabatan di institusi kepolisian.

Kompol Hida Tjahyono awalnya hanya seorang pegawai swasta. Lulusan Universitas Padjajaran (Unpad) Fakultas Hukum ini memulai kariernya di Kota Bandung. Di sanalah ia mendapatkan ilmu dan pengalaman.

Hida menceritakan, suatu ketika ia diajak temannya mengikuti tes calon anggota Polri. Jiwa muda yang haus rasa penasaran pun membuat lelaki asal Cianjur ini mengikuti tes tersebut. Akhirnya pada 2001 ia resmi menjadi Perwira Polri Sumber Sarjana (PPSS) Polri.

Hida tak menapik jika prestasi yang pernah diraihnya saat SMA menjadi modal masuk di institusi Polri. Ia pernah menyabet medali perunggu di kelas bantam junior di ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) Taekwondo antarpelajar SMA se-Jawa Barat.

“Awalnya sih karena senang dengan olahraga. Kebetulan ada teman yang mengajak ikut tes kepolisian. Akhirnya saya diterima dan hingga sekarang masih mengabdi sebagai aparat kepolisian,” kata Kapolsek Cibinong Kompol Hida Tjahjono.

Meski bukan berasal dari keluarga berlatar anggota kepolisian, Hida dapat menunjukkan komitmen dan eksistensinya di kepolisian. Sejumlah kota telah dijajakinya bahkan hingga luar pulau Jawa.

Kini, mantan Kapolsek Sukaraja Kabupaten Bogor itu pun ditugaskan menjadi kapolsek di wilayah hukum Cibinong di pusat pemerintahan Kabupaten Bogor. “Dari keluarga juga tak ada yang jadi polisi. Ini merupakan rezeki dan Alhamdulillah saya senang dengan profesi ini,” ucap lelaki yang menggemari musik tersebut.

Ia berharap penegakan hukum di Indonesia semakin baik dan pelayanan yang diberikan terus meningkat hingga Polri mendapatkan hati dan dicintai seluruh masyarakat. “Target saya dapat bekerja dengan baik dan mengabdi kepada masyarakat,” tutur suami Nisa Devina Trusti (36) yang sudah menikah selama 12 tahun itu.

Ke depannya, lelaki yang juga pernah menjabat Kapolsek di Bogor Barat, Polres Bogor Kota itu menginginkan dari ketiga anaknya bisa meneruskan tugas sebagai aparat kepolisian sepertinya. “Sebenarnya saya gimana anaknya saja, kalau mau ya tentu saya mengarahkannya. Tetapi, anak bungsu saya kelihatannya sudah menggemari dunia kepolisian,” ujar lelaki yang telah dikaruniai tiga anak tersebut. (rez/b/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *