Peduli Lingkungan, Bentuk Gemuruh

by -

METROPOLITAN.ID – Kekompakan warga Kampung Cisalopa, RT 02/03, Desa Pasirbuncir, Kecamatan Caringin, dalam bergotong-royong menjaga lingkungan patut diacungi jempol. Sebab, para pemuda dan orang tua bekerja sama untuk menjaga kebersihan. Para pemuda itu melakukannya dengan kompak, bahkan membentuk komunitas demi kepeduliannya terhadap lingkungan.

Gerakan Pemuda Mulung Runtah (Gemuruh) merupakan komunitas pemuda di Kampung Cisalopa yang memberi kontribusi membersihkan lingkungan dengan mengumpulkan limbah plastik. Plastik bekas itu kemudian dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. “Semua itu sebagai bentuk kepedulian atas lingkungan yang bersih.

Setiap Jumat kami melakukan kegiatan kebersihan,” ujar Ketua Gemuruh Bubung Arsad kepada Metropolitan, kemarin.

Menurut Bubung, budaya gotong-royong perlu dibangkitkan kembali. Sebab di dalam gotong-royong terdapat kebersamaan yang baik untuk menjalin silaturahmi. Sebab, kata dia, warga banyak yang terpisah menjadi beberapa golongan. Sehingga, ia akan berusaha menghilangkan pemisah tersebut. “Dari sini kami akan berbaur, dengan satu tujuan untuk membuat kampung bersih,” terangnya.

Ia menjelaskan, keberadaan komu­nitas pemuda Gemuruh sangat didu­kung Pemerintah Desa Pasirbuncir. “Pemdes sangat mengapresiasi komu­nitas ini dan sangat mendukung apa yang telah kami perbuat,” tuturnya.

Dia berharap, melalui Gemuruh warga Kampung Cisalopa terus kompak dalam menjaga lingkungan. Diharapkan pula, Gemuruh bisa dicontoh para pemuda yang tinggal di wilayah lain. “Ini salah satu cara pemuda mengajak warga peduli terhadap lingkungan dan Alhamdulillah semua mendukung,” pungkasnya. (ano/b/yok/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *