Reshuffle Kabinet, Jokowi Harus Jadi The Real President

by -

METROPOLITAN.ID | JAKARTA – Aroma kocok ulang Kabinet Kerja semakin tercium setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bertemu dengan para menteri dan sejumlah pengamat secara diam-diam. Meskipun hingga kini, belum dapat dipastikan kapanĀ  reshuffle jilid dua itu terealiasi.

Psikolog Politik dari Universitas Indonesia (UI) Dewi Haroen menganggap, Jokowi harus memanfaatkan perubahan Kabinet kali ini untuk menjadi Presiden yang sesungguhnya, yang punya kendali kuat ke para menteri.

Asumsi adanya dua “matahari kembar” ini memang sering muncul karena menonjolnya peran Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pemerintahan.

“Tarik menarik begitu kuat, belum lagi juga ‘bermain’ itu Pak JK. Sepertinya Jokowi sedang menyusun kekuatan, untuk jadi the real president,” kata Dewi kepada Okezone, di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Apalagi, kata Dewi, Jokowi sudah berhasil menarik beberapa partai yang duduk di Koalisi Merah Putih (KMP) sebagai pendukung pemerintah.

“Kan sudah berhasil menarik partai di KMP, sekarang kelihatannya ingin jadi the real president, biar dia yang ngatur (pemerintahan),” tegas Dewi. (okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *