Sebar Jumantik, Cegah DBD

by -77 views

METROPOLITAN.ID – Petugas Posyandu Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanahsareal, khususnya Tim Juru Pemantau Jentik (Jumantik), rutin melakukan pengawasan terhadap perkembangan jentik nyamuk. Hal itu dilakukan untuk mencegah mewabahnya Demam Berdarah Dengue (DBD) seperti yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Bogor.

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Mekarwangi Triwiyati mengatakan, di samping memperhatikan perkembangan kesehatan warga, pihaknya pun berusaha aktif mengontrol keadaan lingkungan. “Itu salah satu upaya untuk pencegahan. Karena kami melihat di beberapa daerah masih banyak warga yang terserang DBD,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Selain itu, pihaknya juga berhasil menyelesaikan kegiatan kesehatan yang tingkatannya nasional. Seperti yang belum lama ini dilaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN). Pihaknya berhasil menyelesaikan sasaran hingga tepat seratus persen. Dari proyeksi yang mencapai 2.162 anak, 16 Pos PIN di wilayahnya berhasil mengatasinya. “Alhamdulillah semua selesai sesuai harapan. Ini berkat persiapan matang yang kami lakukan,” terangnya lagi.

Ia berharap, warga Kelurahan Mekarwangi dapat memanfaatkan posyandu sebagai sarana kesehatan pertama sebelum akhirnya diputuskan untuk dibawa ke rumah sakit. “Kalau untuk sakit ringan, kader kami masih bisa, lebih dari itu kami pasti akan kasih rekomendasi,” pungkasnya. (ano/b/els/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *