Azab bagi Orang yang Pelit Berbagi Ilmu

by -

METROPOLITAN.ID – ILMU adalah pengetahuan yang mahal. Orang harus meluangkan waktu untuk bisa menguasai bidang tertentu atau mengeluarkan biaya yang tidak sedikit mempelajari ilmu. Sehingga tidak jarang orang berilmu ini pelit membagi ilmunya kepada orang lain. Salah satu alasannya adalah tidak ingin tersaingi. Bahkan ketika harus dibayar pun, mereka hanya mengajarkan sedikit dan bukan keseluruhan ilmu yang dimiliki. Berikut ini ancaman serius dari Allah bagi orang yang pelit ilmu:

Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah di muka bumi sudah menyampaikan bagaimana hukuman yang akan diterima manusia yang pelit membagi ilmunya. Mereka di akhirat nantinya akan dikekang dengan api neraka yang begitu panas. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:“Ba­rangsiapa yang ditanya tentang suatu ilmu pengetahuan lalu Ia menyembunyikannya, maka pada hari kiamat kelak Allah akan mengekangnya dengan kekang api neraka ” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Baca Juga  Luluhkan Hati Calon Mertua, Yuk Baca Doa Ini

Bagaimana? Masih pelit dengan ilmu yang dimiliki? Allah SWT tentu tidak main-main dengan ancaman ini. Mereka yang kaya ilmu di dunia namun pelit membaginya akan merasakan bagaimana panasnya ikatan api neraka yang mengekang tubuhnya.

Anggapan bahwa dengan pelit ilmu maka akan pintar sendiri sebaiknya segera dihilangkan. Pasalnya, dari banyak pengalaman orang-orang, justru dengan membagi ilmu kepada orang lain kita akan semakin lebih pintar. Karena pada proses mengajarkan, seseorang akan lebih fasih terhadap keilmuannya. Bahkan dalam proses mengajarkan tersebut, kita sering mendapati ilmu-ilmu baru yang tidak diketahui sebelumnya.

Salh bin Mu’adz bin Anas mendengarkan penuturan bapaknya bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengajarkan suatu ilmu, maka dia akan mendapatkan pahala dari orang-orang yang mengamalkannya dengan tidak mengurangi sedikitpun pahala orang-orang yang mengerjakannya itu.” (Ibnu Majah). Selain mendapat keuntungan tersebut, ridha dari Allah tentu yang paling utama diinginkan. Abu Ummah RA mengatakan, Rasulullah SAW mengabarkan “Sungguh Allah, para Malaikat-Nya, serta semua penghuni langit dan bumi termasuk semut dalam lubangnya dan ikan-ikan, sungguh semuanya mendoakan kebaikan bagi orang-orang yang mengajari manusia,”(HR Tirmidzi). (dre/els/py)

Baca Juga  Sabda Rasulullah Soal Usia ke-40

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *