3 Cara Tepat Persiapkan Pensiun Sejak Dini

by -

Masa produktif seseorang tak bisa selamanya berada di puncak, mengingat kekuatan fisik seseorang tak selamanya akan bertahan apalagi jika terus dipaksakan bekerja tanpa henti.

Rasanya hanya sedikit sekali orang yang ingin terus bekerja hingga masa tua, mayoritas menginginkan masa pension dengan menikmati hasil kerja di masa muda. Namun untuk mendapatkan masa pensiun yang jaya memang dibutuhkan persiapan yang matang seperti menabung dari hasil bisnis rumahan dan lain sebagainya.

Agar tak kerepotan mengurus keuangan di masa pensiun, sebaiknya kamu melakukan tiga hal berikut.

  1. Siapkan Dana Darurat

Fungsi utama dari dana darurat yaitu untuk menyelesaikan persoalan yang bias saja dating menimpa kita tanpa persiapan yang matang, seperti terjadinya kecelakaan, mendadak sakit dan harus dirawat di rumah sakit, atau biaya menutupi modal bisnis ketika tak lagi bekerja. Jumlah dana darurat yang ideal yaitu sebesar 10% dari total penghasilanmu selama sebulan. Jika dalam sebulan kamu memiliki penghasilan sebesarRp 5 juta, maka dana darurat yang bias kamu sisihkan yaitu sebesar Rp 500 ribu. Jumlah ini bukanlah angka yang kaku, jikatelah terbiasa kamu bias menambahkan total tabungan dana daruratmu secara perlahan.

Baca Juga  Tips Memilih Hotel Yang Nyaman

Jika memang dana darurat akhirnya tak terpakai untuk persoalan yang dating mendesak, uangnya bias kamu gunakan untuk memasuki masa pension dengan tenang.

  1. Lunasi Utangmu

Kamu pasti akan sangat menderita jika memasuki masa pension dengan bermacam tagihan utang yang masih menumpuk. Sebaiknya sebelum memasuki masa pensiun, kurangilah intensitasmu untuk berutang. Usahakanlah lebih kepada melunasi utang-utang yang ada sebelumnya. Sehingga ketika masa pension tiba, kamu tak perlu lagi mengkhawatirkan tagihan utang yang akan merusak masa pensiunmu.

Baca juga: 5 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan ini Bikin Masa Depan Terjamin

Perlahan namun pasti lunasi semua utang yang ada.Prioritaskanlah utang yang memiliki bunga tertinggi, jika telah selesai, kamu dapat mengurangi utangmu yang lainnya dengan bunga yang lebih rendah. Meski perlahan, lama-lama utangmu terhapus dan kamu bias memasuki masa pension dengan tenang. Hindari pelunasan utang dengan meminjam sejumlah uang kembali, sebab itulah awal dari lubang yang tak akan tertutup.

Baca Juga  Serentak di Medan XL Axiata Gelar Sentra Vaksinasi dan Pengenalan Jaringan 5G

Bayangkan saja jika memasuki masa pension dengan utang yang begitu banyak, apakah kamu mau mewarisi anak cucumu utang yang begitu banyaknya? Jangan sampai menyesal kemudian.

  1. Siapkan Usaha Sampingan

Jika penghasilan yang dihasilkan dalam sebulan belumlah mencukupi untukmenabung dana darurat da menutupi utang-utang yang pernah dimiliki, mengapa tak mencoba untuk mencari sumber penghasilan lain seperti memiliki usaha sampingan di samping bekerja untuk perusahaanmu saat ini. Banyak sekali peluang usaha dan bisnis yang bias kamujalankan tanpa mengganggu aktivitas pekerjaanmu di kantor.

Rekomendasi: 6 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal

Niatkanlah usaha sampingan ini untuk menyambut masa pensiun yang lambat laun akan datang di depan mata kita. Perkembanganteknologi yang hadir juga bias menjadi penunjangmu untuk melancarkan bisnis sampingan yang dimiliki. Beragam online marketplace muncul untuk mempermudah masyarakat untuk menjadi pelaku bisnis tanpa modal yang besar.

Baca Juga  Tampil Kasual tak perlu FORMAL

Sesuaikan bisnis sampingan ini dengan passion yang dimiliki sehingga kamu tak mudah bosan dengan kegiatansampingan ini dan terus berusaha mewujudkan yang terbaik bagi masa depanmu kelak. Jika waktu yang kamu miliki sangat terbatas untuk melakukan semuanya sendiri, kamu selalu bias menjadi reseller atau dropshipper online dengan hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet. Lakukanlah survey dan bandingkan supplier manakah yang dapat memberikan penawaran terbaik untuk kamu jual kembali, sehingga kamu dapat meraup keuntungan dengan resiko yang sangat kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.