Alhamdulillah… 525 Bus Layak Jalan

by -

METROPOLITAN – Menjelang arus mu­dik Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi menggiatkan pemeriksaan armada bus. Targetnya, sebelum momen arus mudik Lebaran nanti ratusan armada bus di Sukabumi sudah menjalani peme­riksaan kelayakan operasi. ‘’Pemeriksaan terhadap armada bus untuk mudik Lebaran hingga sekarang masih terus berjalan,” ung­kap Kepala Terminal Sudirman Kota Suka­bumi Yuky Rahmat.

Pemeriksaan dilakukan oleh tim Pen­guji Kendaraan Bermotor (PKB) dari Dishub. Menurut Yuky, pemeriksaan ini dilakukan untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran pada 2016 ini. Harapan­nya, ratusan armada bus untuk mudik ini dapat beroperasi dengan baik. Data Dis­hub Kota Sukabumi menyebutkan, pada arus mudik tahun ini disiapkan sebanyak 750 armada bus. Jumlah tersebut belum termasuk armada bus cadangan sekitar sepuluh persen. “Hingga kini sudah 70 persen armada yang dilakukan pengece­kan kendaraan,” ujar Kepala Dishub Kota Sukabumi Abdul Rachman.

Baca Juga  Padukan Rasa Jepang dan Sunda

Sehingga, baru sebanyak 525 unit bus yang sudah menjalani pemeriksaan. Ab­dul Rachman menerangkan, dari hasil pemeriksaan menunjukkan semua ken­daraan tersebut masih layak beroperasi. Pengecekan yang dilakukan tersebut baik fisik kendaraan maupun administrasi berupa surat kelengkapan kendaraan. “Pemeriksaan ini untuk menjamin kea­manan dan kenyamanan penumpang saat mudik,” ujar Abdul.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat armada bus yang tidak layak beroperasi, Abdul menerangkan, pemeriksaan kelayakan operasional bus ini akan dilakukan secara rutin. Jika nanti­nya ditemukan kendaraan yang tidak layak, maka Dishub tidak akan membe­rangkatkan kendaraan tersebut. “Meski­pun bukan jalur utama mudik, tetap harus disiapkan armada bus yang memadai,” paparnya.

Lebih lanjut Abdul menjelaskan, jumlah tempat duduk yang disiapkan pun setiap harinya sebanyak 4.266. Pada kondisi normal, jumlah warga yang menggunakan bus dari Terminal Sukabumi sekitar 500 orang saja.

Baca Juga  Innalillahi... Nelayan Cisolok Tewas Tersambar Petir

(rol/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *