Bupati Rombak 80 Pejabat Eselon IV

by -

METROPOLITAN – Setelah merotasi dan mutasi ke­pada pejabat Eselon II dan III, kini Pemerintah Kabupa­ten (Pemkab) Bogor merotasi dan mutasi kepada sejum­lah pegawai Eselon IV. Mulai kepala seksi hingga kepala UPT di setiap wilayah di lingkungan Pemkab Bogor. Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, pemkab sudah lama tidak merotasi dan mutasi pegawai Eselon IV.

Sebab, yang sering menjadi sorotan dan sering dimu­tasi dan rotasi selalu Eselon II atau III. “Ini bentuk penye­geran saja kepada para pegawai yang sudah lama men­jabat di suatu bidang maupun satu instansi. Dengan rotasi kali ini sekaligus mengembangkan karier para Pegawai Negeri Sipil (PNS)-nya,” ujar bupati usai me­lantik para pejabat di ruang Serbaguna II, Pemkab Bogor, kemarin.

Yanti, sapaan akrabnya melanjutkan, selain untuk mengembangkan karier, rotasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja setiap pegawai yang ada. Sehing­ga, pelayanan kepada masyarakat pun menjadi lebih maksimal dari yang sebelumnya. “Bisa saja karena jenuh dengan kerjaan yang itu-itu saja, sehingga pelayanannya tidak maksimal. Tetapi dengan rotasi ini bisa menjadi lebih baik,” terangnya.

 Rotasi, mutasi dan pro­mosi yang dilakukan Pemkab Bogor, menurut Yanti, meru­pakan hal yang wajar. Setiap PNS pun harus siap ditem­patkan di mana saja. “Risiko seorang PNS harus siap di­tempatkan di mana saja dan mau jadi apa pun, sebab ia bekerja kepada negara,” pa­parnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerrah (Sekda) Kabupaten Bogor Adang Suptandar menjelaskan, dalam rotasi, mutasi dan promosi kali ini ada 80 PNS yang ditempat­kan pada posisi baru. Mulai dari lurah, sekretaris lurah dan kasi di kelurahan mau­pun di kecamatan. “Mereka harus bisa menjalankan tugas yang barunya sehing­ga pelayanan kepada may­arakat pun lebih maksimal,” katanya.

Ia juga menambahkan, 80 PNS yang baru dimutasi ini tersebar di sejumlah wi­layah di Kabupaten Bogor. Mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan UPT. “Be­berapa pejabat Eselon IV yang sudah menjabat lama di satu bidang, langsung dimutasikan di beberapa tempat lainnya,” jelasnya.

(mam/b/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.